Home »

Jawa

Jawa

Pilkada Jawa Tengah 2018, Orang Meninggal Masih Masuk Daftar Pemilih

Hasil perbaikan dituangkan dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP).

Pilkada Jawa Tengah 2018, Orang Meninggal Masih Masuk Daftar Pemilih
ist
Komisioner KPU Kota Magelang, Iwandono, menjelaskan data pemilih sementara pada Pilkada 2018 di Jawa Tengah yang tengah diperbaiki, Rabu (11/4/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang melakukan perbaikan terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkada 2018 di Jawa Tengah.

Hal ini dilakukan setelah ditemukan banyak data orang meninggal, nama pemilih ganda, orang yang bukan penduduk masuk ke dalam daftar pemilih dari uji publik yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Komisioner KPU Kota Magelang Divisi Perencanaan dan Data, Iwandono, mengatakan, dari uji publik kemarin pihaknya menerima banyak masukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Magelang.

Ada sebanyak 146 orang meninggal dunia (MD), 257 orang pemilih dengan nama ganda, 322 orang yang pindah domisili, satu orang bukan penduduk, dan enam orang TNI/Polri yang masih masuk daftar pemilih.

"Kami menerima banyak masukan dari rekan-rekan panitia pengawas, ternyata masih ada banyak data yang perlu diperbaiki, seperti orang meninggal, sampai mereka yang masuk TNI/Polri yang perlu dicoret dari daftar pemilih dan diperbaiki," ujar Iwan, Rabu (11/4/2018).

Baca: Pertumbuhan UKM di Kota Magelang Terus Digenjot

Atas temuan dan masukan tersebut, pihaknya pun langsung melakukan perbaikan terhadap DPS. Perbaikan daftar pemilih dilaksanakan pada tanggal 3-7 April lalu.

Hasil perbaikan dituangkan dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP).

"Kami telah susun DPS-HP untuk memperbaiki data daftar pemilih yang salah tersebut. Data pemilih yang meninggal kami coret dari daftar pemilih, dan yang nama ganda kami perbaiki," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help