TribunJogja/
Home »

DIY

» Sleman

TRIBUNJOGJATV ONLINE

VIDEO : Inilah Beberapa Keunggulan Tes Kognitif AJT

Tes Kognitif AJT ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada perkembangan asesmen kognitif

VIDEO : Inilah Beberapa Keunggulan Tes Kognitif AJT
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Yayasan Dharma Bermakna dan PT Melintas Cakrawala Indonesia melaunching Tes Kognitif AJT yakni penyusunan tes kognitif dengan berbasis latar belakang di Indonesia pada Rabu (4/4/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Tes Kognitif AJT merupakan pilihan tepat untuk mengetahui IQ anak-anak Indonesia sebagai alat tes intelegensi yang utama dan berbasis konteks Indonesia.

Tes Kognitif AJT ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada perkembangan asesmen kognitif di skala nasional maupun global.

Pengembangan Tes Kognitif AJT ini dilakukan selama 5 tahun yang melibatkan dosen-dosen UGM'>Fakultas Psikologi UGM sebagai tim ahli, dengan konsultan dari ahli teori CHC secara langsung yaitu Kevin S McGrew PhD dan Urip Purwono MSc PhD sebagai penjamin mutu.

Penjamin Mutu Tes Kognitif AJT sekaligus Dosen UNPAD, Urip Purwono MSc PhD menuturkan, Tes Kognitif AJT ini memiliki beberapa keunggulan.

Diantaranya, tes kognitif AJT ini menggunakan landasan teori yang kuat yaitu teori CHC.

Saat ini teori CHC merupakan teori tentang kemampuan manusia yang paling komprehensif dan didukung oleh bukti empiris serta mempertimbangkan aspek biologis, perilaku, dan neurologis.

Teori ini memiliki dampak yang besar terhadap pengembangan tes kecerdasan yang mutakhir di dunia.

"Keunggulan ada test kognitif AJT yang dikembangkan atau disusun mulai dari nol di Indonesia dan ini yang pertama, intelegensi berbasis Indonesia sebelumnya nggak ada," papar Urip.

Keunggulan lainnya dari Tes kognitif AJT ini dapat digunakan untuk anak usia 5-18 tahun.

Selain itu, tes ini akan menjadi alat tes kecerdasan komprehensif pertama untuk memetakan kemampuan kognitif anak-anak berkebutuhan khusus

"Tes ini mempunyai elemen, sub tes yang komprehensif, sehingga interpretasinya akan kaya. Tes ini memiliki 28 sub test yang bisa kita pakai tahap pertama akan ada 16 skor yang bisa melihat kemampuan kognitif seseorang dari 16 aspek itu, jadi lebih kaya," lanjutnya.

Tes Kognitif AJT ini juga dapat mengungkap banyak aspek dari aspek kecerdasan yang ada.

"Tidak ada tes intelegensi di Indonesia yang memakai dasar atau norma yang dikumpulkan di Indonesia," imbuhnya.

Dengan keberadaan Tes Kognitif AJT ini, peran Fakultas Psikologi di Indonesia yakni mengembangkan Ilmu Psikologi dan memberikan pelayanan psikologi untuk masyarakat yang bermutu, tepat, dan cermat. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help