Tes Kognitif AJT, Tes Intelegensi Berbasis Indonesia yang Pertama di Tanah Air

Tes kognitif AJT, tes intelegensi berbasis Indonesia yang pertama di tanah air.

Tes Kognitif AJT, Tes Intelegensi Berbasis Indonesia yang Pertama di Tanah Air
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Yayasan Dharma Bermakna dan PT Melintas Cakrawala Indonesia melaunching Tes Kognitif AJT yakni penyusunan tes kognitif dengan berbasis latar belakang di Indonesia pada Rabu (4/4/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Yayasan Dharma Bermakna dan PT Melintas Cakrawala Indonesia melaunching Tes Kognitif AJT, Rabu (4/4/2018).

Tes Kognitif AJT merupakan penyusunan tes kognitif dengan berbasis latar belakang di Indonesia.

Penyusunan tes tersebut berbasis perkembangan teori mutakhir yaitu dengan menggunakan Teori Cattell-Horn-Carroll (CHC theory).

Tes Kognitif AJT ini merupakan tes kognitif yang diperuntukkan untuk anak-anak Indonesia umur 5-18 tahun yang dilakukan secara individual.

Pengembangan Tes Kognitif AJT ini dilakukan selama 5 tahun yang melibatkan dosen-dosen Fakultas Psikologi UGM sebagai tim ahli, dengan konsultan dari ahli teori CHC secara langsung yaitu Kevin S McGrew PhD dan Urip Purwono MSc PhD sebagai penjamin mutu.

Penjamin Mutu Tes Kognitif AJT, Urip Purwono MSc PhD, menuturkan keunggulan tes kognitif AJT ini disusun dan dikembangkan mulai dari nol di Indonesia

"Dan ini (Tes Kognitif AJT) ini yang pertama, intelegensi berbasis Indonesia sebelumnya nggak ada," papar Urip Purwono.

Kedua, tes Kognitif AJT ini mempunyai elemen dan sub tes yang komprehensif dan banyak terdapat sub testnya, sehingga interpretasinya akan kaya.

"Tes Kognitif AJT ini memiliki 28 sub test yang kita bisa pakai tahap pertama akan ada 16 skor yang bisa melihat kemampuan kognitif seseorang dari 16 aspek, jadi lebih kaya," lanjutnya

Pihaknya menambahkan, tidak ada tes intelegensi di Indonesia yang memakai dasar atau norma yang dikumpulkan di Indonesia seperti Tes Kognitif AJT. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved