Sepuluh Kerangka Melingkar Saling Mengunci Ini Bukti Ritual Pemakaman di Masa Lalu

Sepuluh kerangka manusia berusia 2.400 tahun ditemukan di situs arkeologi Tlalpan, di selatan Kota Meksiko, terjepit di tengah daerah perkotaan

Sepuluh Kerangka Melingkar Saling Mengunci Ini Bukti Ritual Pemakaman di Masa Lalu
Kesepuluh kerangka manusia yang diduga sebagai bagian pemakaman ritualistik itu ditemukan dalam formasi melingkar, dengan tulang lengan saling bertautan. (Mexico's National Institute of Anthropology and History) 

TRIBUNJOGJA.com - Sepuluh kerangka manusia berusia 2.400 tahun ditemukan di situs arkeologi Tlalpan, di selatan Kota Meksiko. Temuan tersebut terdiri dari satu kerangka anak-anak, satu bayi, dan sisanya orang dewasa. Sejauh ini, dua di antaranya diketahui berjenis kelamin perempuan, dan satu laki-laki.

Saat ini, tempat penemuan itu terjepit di tengah daerah perkotaan yang ramai. Kantor berita lokal melaporkan bahwa situs pemakaman tersebut tersembunyi di bawah bangunan yang menjadi ruang kelas dan asrama para pendeta.

Baca: Suku Chimu Ambil Organ Hati Anak-anak Sebagai Sesajian Dalam Ritual Minta Hujan

Tim arkeolog dari Mexico’s National Institute of Anthropology and History menyatakan bahwa sisa-sisa manusia tersebut kemungkinan merupakan bagian dari pemakaman ritualistik. Itu karena mereka ditemukan diatur dalam formasi melingkar, terbaring bersisian dengan tulang lengan saling bertautan.

Berdasarkan pengamatan awal, arkeolog dapat melihat bahwa setidaknya dua kerangka memiliki semacam tengkorak yang cacat. Beberapa gigi tengkorak juga tampak cacat. Di antara tengkorak, ada juga cajete, sejenis pot tanah liat, dan tecomate, mangkuk bulat dengan bukaan melingkar kecil.

Baca: 5 Ritual Pemakaman Unik yang Jadi Tradisi di Sejumlah Daerah di Tanah Air

Belum jelas apakah kematian mereka disengaja atau tidak.

Era Pra Klasikal

Situs pemakaman tersebut berasal dari zaman yang disebut arkeolog sebagai periode Pra-Klasikal Meksiko.

Periode ini jauh lebih tua dari Kekaisaran Aztec, yang baru dimulai pada awal abad ke-16. Sebelum Aztec mendominasi kawasan ini, sebuah peradaban yang dibangun di sekitar kota Teotihuacan berkuasa, namun keberadaan mereka menurun sekitar abad ke-7.

Halaman
12
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help