Misteri Kerangka Wanita Hamil di Lembah Timna Milik Penguasa Israel Kuno

Arkeolog menemukan kerangka wanita hamil yang diperkirakan berusia 3.200 tahun, di dekat kuil yang didedikasikan untuk dewi Hathor.

Misteri Kerangka Wanita Hamil di Lembah Timna Milik Penguasa Israel Kuno
Temuan kerangka wanita hamil di Mesir. Di bagian panggulnya menunjukkan wanita ini berada di trimester pertama saat dia meninggal. 

TRIBUNJOGJA.com - Belum lama ini, arkeolog menemukan kerangka wanita hamil yang diperkirakan berusia 3.200 tahun. Kerangka tersebut ditemukan di dekat kuil yang didedikasikan untuk dewi Hathor.

Dulunya, kawasan penemuan ini juga disebut Tambang Raja Salomo yang ada di lembah Timna, Israel. Orang Mesir kuno menggunakan tambang tersebut untuk mencari tembaga.

Para arkeolog masa lalu percaya bahwa Raja Salomo, penguasa Israel kuno, mengendalikan tambang Timna, dalam artian bahwa Raja Salomo-lah yang membuka tambang tembaga di Timna.

Baca: Beranak dalam Kubur! Bukti Ilmiah Wanita Abad Pertengahan Melahirkan Setelah Meninggal

Namun, arkeolog pada masa ini meragukan klaim tersebut dan menganggap hal itu tidak mungkin terjadi. Mereka membuktikan bahwa tambang ini sudah dibuka oleh orang Mesir sekitar 1300 sampai 1150 SM dengan menemukan hasil dari tambang Timna yang dipersembahkan ke kuil Hathor.

Kini, sebuah kerangka wanita hamil ditemukan terkubur di tumulus (makam yang ditutupi batu, biasa ditemukan di makam Israel kuno) dekat kuil Hathor, dewi cinta, kebahagiaan, dan persalinan yang juga dianggap oleh para penambang sebagai dewi pelindung.

Baca:

Kerangka Bayi Berusia 6.000 Tahun Ditemukan dalam Pelukan Ibunya

Baca: Misteri Pertapa Ditemukan di Gunung Tinggal Kerangka Tolong Bantu Carikan Kepala

Para arkeolog memprediksi, saat wanita hamil ini masih hidup, Mesir masih mengendalikan tambang di Timna. Ini menjadi petunjuk bahwa wanita ini merupakan orang Mesir.

Halaman
12
Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help