INSPIRASI

Kreatif Seusai Kena PHK, Ubah Mobil 90an Jadi Lapak Kafe Keliling

Terkendala modal usaha yang besar, Ardhy warga Taeng, Kabupaten Gowa ini tetap semangat mewujudkan cita-citanya membuka usaha kafe.

Kreatif Seusai Kena PHK, Ubah Mobil 90an Jadi Lapak Kafe Keliling
(KOMPAS.com/Hendra Cipto)
Ardhy dengan mobil Toyota Starlet tuanya membuka usaha cafe keliling 

TRIBUNJOGJA.COM - Terkendala modal usaha yang besar, Ardhy (30) warga Taeng, Kabupaten Gowa ini tetap semangat mewujudkan cita-citanya membuka usaha kafe.

Dia berinovasi menyulap mobil tua miliknya, Toyota Starlet tahun 90-an menjadi kafe keliling. Dengan bermodalkan sekitar Rp 5 jutaan.

Impian Ardhy pun terwujud membuka usaha kafe keliling. Menurut Ardhy, membuka sebuah kafe di Kota Makassar membutuhkan biaya yang sangat besar. Dimana sewa tempat usaha membutuhkan biaya puluhan juta.

"Kalau buka cafe permanen, saya tidak punya uang sewa tempat. Karena sewa tempat usaha seperti ruko membutuhkan modal Rp 60 jutaan. Belum lagi peralatan lainnya," katanya.

Hanya dengan modal Rp 5 jutaan, kata Ardhy sudah bisa membuat kafe. Mobil starlet miliknya pun dimodifikasi menjadi kafe keliling. Ardhy pun membuat meja barista di bagasi mobilnya.

Meja yang dirakitnya sendiri pun terbilang canggih, karena sudah terdapat rak tempat kompor kecil yang ditarik-tarik dan ada pula westafelnya.

"Saya beli kayu bekas packing paket barang dengan modal Rp 200 ribuan, sudah jadi meja di bagasi mobil. Saya bikin sendiri, agar bisa pas dengan kondisi mobil dan keinginan," bebernya.

Setelah jadi meja barista di mobilnya, Ardhy pun membeli satu persatu peralatan barista seperti alat press kopi dan lainnya.

Dengan kafe keliling ini, Ardhi bisa membuka usaha di mana saja dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Setiap sore hingga tengah malam, dia biasa buka di samping Lapangan Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa.

Halaman
12
Editor: iwe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help