SMAN 3 Yogyakarta Deklarasikan 'Gerakan Anti Menyontek' Melalui 'Tryout Superman'

SMAN 3 Yogyakarta menggelar Tryout Simulasi UNAS Pelajar Keren Anti Nyontek (Superman) pada Sabtu (17/3/2018).

SMAN 3 Yogyakarta Deklarasikan 'Gerakan Anti Menyontek' Melalui 'Tryout Superman'
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Ratusan siswa SMP ikuti Tryout Superman yang digelar di SMAN 3 Yogyakarta pada Sabtu (17/3/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - SMAN 3 Yogyakarta menggelar Tryout Simulasi UNAS Pelajar Keren Anti Nyontek (Superman) pada Sabtu (17/3/2018).

Ketua Panitia PSW 2018, Dimas Fernando, menuturkan Tryout Superman yang diikuti sebanyak 720 peserta kelas IX SMP ini sebagai upaya untuk mendeklarasikan gerakan anti menyontek.

"Tryout ini sebenarnya lebih untuk kampanye mendeklarasikan anti menyontek, jadi nggak sekedar mengerjakan soal trus selesai. Setelah tryout, ada fasilitator dari SMAN 3 Yogyakarta yang mengedukasi adik SMP terkait gerakan anti nyontek," ujar Dimas.

Dimas melanjutkan, sebanyak 38 fasilitator ini merupakan siswa kelas X dan XII SMAN 3 Yogyakarta yang telah menjalani pelatihan  sejak dua bulan yang lalu.

Para fasilitator ini telah ditraining oleh alumni dan berbagai organisasi dari luar

"Jadi ini ada 38 fasilitator yang masuk kelas, setiap kelas ada 2 fasilitator. Mereka ini mengedukasi adik-adik bahwa menyontek itu justru merugikan diri sendiri," lanjutnya ketika ditemui usai acara berlangsung.

Berangkat dari fenomena menyontek dikalangan pelajar yang terjadi sekarang ini, pihaknya ingin mengajak adik-adik untuk menjauhkan kebiasan menyontek dan menekankan bahwa menyontek dapat merugikan diri sendiri.

"Harapannya setelah acara ini adik-adik bisa membawa sesuatu dari sini dan menghindari menyontek serta selalu termotivasi untuk berlaku jujur," imbuhnya kepada Tribunjogja.com. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved