Home »

Techno

» Apps

Legalitas Tanda Tangan Digital Dijamin UU ITE

Penggunaan digital signature mampu menghemat waktu dan penggunaan kertas dalam berbagai surat perjanjian maupun kerjasama kerja.

Legalitas Tanda Tangan Digital Dijamin UU ITE
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Marshall Pribadi, CEO PrivyID saat menjelaskan Aplikasi Digital Signature di hadapan media, Sabtu (17/3/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Tanda tangan digital mungkin belum banyak yang memahami dan menerapkan penggunaannya.

Lantaran masih banyak instansi maupun perorangan yang merasa belum mantap dan kurang yakin dengan tanda tangan digital.

Banyak individu maupun instansi yang seolah tak meyakinkan jika melakukan tanda tangan tanpa tinta dan merasa kurang memiliki keabsahan.

Namun, Marshall Pribadi, CEO PrivyID aplikasi penyedia digital signature menjabarkan bahwa tanda tangan digital dijamin perlindungannya oleh pemerintah.

Bahkan peraturan serta Undang-undang tersebut telah hadir sejak 2008 silam.

"Secara hukum, digital signature juga dijamin perundangan yang berlaku. Dasar hukumnya Pasal 11 ayat 1, UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 52 ayat 1 dan 2 PP No 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Serta Peraturan OJK No 77/2016 pasal 1 ayat 15," jelas Marshall disela seminar di hadapan media, Sabtu (17/3/2018).

Padahal menurut Marshall, penggunaan digital signature akan mampu menghemat bahkan mengefisienkan waktu dan penggunaan kertas dalam berbagai surat perjanjian maupun kerjasama kerja.

"Ada lima keuntungan yang didapatkan saat kita menggunakan tanda tangan digital, hemat waktu, hemat biaya, sah di mata hukum, aman serta ramah lingkungan," terang lulusan fakultas hukum Universitas Indonesia ini.

Tanda tangan digital melalui aplikasi PrivyID sendiri memenuhi fungsi tanda tangan pada kertas, yang tidak bisa disangkal, tidak bisa dipalsukan serta mewakili identitas resmi pemilik tanda tangan.

Bahkan untuk keamanannya, PrivyID juga menjamin mampu menjaga integritas isi dokumen, memastikan perubahan apapun pada dokumen yang dibuat setelah proses penandatanganan dapat terdeteksi.

"PrivyID menjamin keamanan data dalam platform ini. dikarenakan kami telah memperoleh sertifikat ISO27001:2013 yang merupakan standar keamanan sistem informasi bertaraf internasional yang ditetapkan oleh ISO dan IEC," ungkapnya kepada Tribunjogja.com. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help