Home »

DIY

» Bantul

Perempuan Diminta Berperan Aktif Lakukan Pengawasan Publik

Selama ini respon kaum perempuan dalam upaya pelaporan terkait kualitas pelayanan publik sudah cukup tinggi.

Perempuan Diminta Berperan Aktif Lakukan Pengawasan Publik
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Sarasehan bertajuk 'Peran Perempuan Dalam Pengawasan Publik' di Gedung Pertemuan Kompleks Pemkab Bantul, Manding, Bantul, Rabu (14/3/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kaum perempuan diminta untuk berperan aktif dalam melakukan pengawasan pelayanan publik. Ini karena dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kaum perempuan lebih sering bersinggungan dengan aktifitas pelayanan publik.

Hal ini disampaikan Ketua Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Yogyakarta, Budhi Masturi saat mengisi materi sarasehan 'Peran Perempuan Dalam Pengawasan Publik' di Gedung Pertemuan Pemkab Bantul, Manding, Bantul, Rabu (14/3/2018).

Acara dihadiri ratusan anggota BPD Perempuan dan PKK Bantul.

"Jadi memang perlu peran aktif semua kalangan masyarakat, tak terkecuali kaum perempuan, laporkan kepada kami jika memang ada bentuk kekurangan pelayanan publik dari pemerintah, apapun itu. Ambil foto dan laporkan kepada kami," kata Budhi Masturi.

Sementara itu Ketua Komunitas Perempuan Peduli Pelayanan Publik (KP4) Bantul, Ari Indah Hayati mengatakan bahwa selama ini memang respon kaum perempuan dalam upaya pelaporan terkait kualitas pelayanan publik sudah cukup tinggi.

Bahkan di DIY, kaum perempuan mendominasi.

"Kebanyakan laporan sampai ke ORI dilakukan dari kaum perempuan, misalnya aduan terkait kondisi trotoar jalan yang kurang ramah terhadap difabel, atau ada beberapa warga yang tidak bisa mengurus ijazah. Pelaporan ini juga bentuk kontrol pemerintahan," katanya.

Acara terselenggara oleh Sahabat Ombudsman dan KP4 Bantul. Sarasehan digelar sebagai wujud kekuatan perubahan pelayanan publik yang lebih baik di desa-desa pada Kabupaten Bantul.

Selain Kepala Perwakilan Ombudsman RI DIY, dihadirkan anggota DPRD DIY. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help