Home »

DIY

Pemda DIY Optimis Capai Target Kunjungan Wisman

Wisman yang menggunakan direct flight untuk ke Yogyakarta, melalui Bandara Adisutjipto, berada di kisaran 130-140 ribu.

Pemda DIY Optimis Capai Target Kunjungan Wisman
TRIBUNJOGJA.COM/Hasan Sakri Ghozali
Sejumlah wisatawan asing menaiki becak saat melintas di jalan Kompol Bambang Suprapto, Kota Yogyakarta, Senin (16/4/2012). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Yogyakarta, terutama yang menggunakan direct flight, sampai sejauh ini bisa dibilang masih minim.

Hal tersebut, diakui oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanto.

Ia memaparkan, wisman yang menggunakan direct flight untuk ke Yogyakarta, melalui Bandara Adisutjipto, berada di kisaran 130-140 ribu.

Menurutnya, kendala keterbatasan panjang landasan, menjadi satu di antara alasan belum banyaknya turis yang datang secara langsung.

"Sehingga wisman yang datang langsung baru dari Singapore dan Malaysia. Harapannya, nanti setelah ada NYIA (New Yogyakarta International Airport), itu bisa terdongkrak," paparnya, Rabu (14/3/2018).

Aris pun berasumsi, seandainya NYIA, yang terletak di Kulonprogo itu sudah mulai beroperasi penuh, angka wisman yang direct flight ke Yogyakarta, bisa meningkat sampai dua kali lipatnya.

Namun, hal tersebut, harus didukung oleh perusahaan penerbangan.

"Dengan asusmsi nanti ada penerbangan luar negeri. Kalau benar, karena eksekutornya kan bukan Pemda (Pemerintah Daerah DIY), kita hanya menerima manfaat, nanti bisa dua kali lipatnya," ucapnya.

Secara keseluruhan, tambah Aris, angka kunjungan wisman ke Yogyakarta sebenarnya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Lanjutnya, pada tahun 2017 silam, wisatawan asing yang melancong ke Yogyakarta mencapai, 400 ribu orang.

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help