Tim Peneliti Ungkap Bukti Tsunami Besar yang Menerjang Selatan Jawa 640 Tahun Silam

Tsunami tersebut dibuktikan dengan temuan endapan tsunami di sejumlah lokasi pantai di pesisir Gunungkidul.

Tim Peneliti Ungkap Bukti Tsunami Besar yang Menerjang Selatan Jawa 640 Tahun Silam
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Tim peneliti dari Badan Geologi saat melakukan penggalian tanah di Pantai Ngrawe, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Mereka mencari endapan sebagai bukti keberadaan tsunami di lokasi tersebut, Selasa (13/3/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Tim Peneliti dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berhasil menguak bukti keberadaan tsunami yang terjadi sekitar 640 tahun lalu di kawasan pesisir selatan Gunungkidul, DIY.

Adanya tsunami besar yang menerjang kawasan pesisir selatan Gunungkidul ratusan tahun lalu tersebut dibuktikan dengan temuan endapan tsunami di sejumlah lokasi pantai di pesisir Gunungkidul.

Material berupa pasir putih itu mengendap sedalam 1-2 meter di bawah permukaan tanah merupakan material yang berasal dari daerah lain yang dibawa oleh gelombang tsunami saat menerjang.

"Kami menemukan adanya endapan tsunami di sejumlah pantai di pesisir selatan. Mereka terkubur sedalam di dalam lapisan tanah. Material itu berasal dari lokasi lain yang dibawa oleh gelombang tsunami yang menerjang," ujar Ketua Tim Penyelidikan Endapan Tsunami di Gunungkidul, Imun Maemunah, Selasa (13/3/2018).

Material tersebut diperkirakan dibawa oleh gelombang tsunami, mengendap dan tertumpuk lapisan tanah selama 640 tahun.

Waktu kejadian tersebut dihitung dari perhitungan berdasar laju terbentuknya lapisan tanah sebesar dua milimeter per tahun.

Seperti yang ditemukan di Pantai Ngrawe, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Material endapan tsunami ditemukan di kedalaman 128 sentimeter dari jarak 25 meter dari bibir pantai.

"Dari perhitungan berdasar laju terbentuknya lapisan tanah sebesar dua milimeter per tahun, diperkirakan material tsunami di Pantai Ngrawe tersebut sudah ada sejak 640 tahun silam," ujar Imun.

Halaman
123
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help