Siapkan Lulusan SMK di Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Keahlian dan Sertifikasi Konstruksi

Siapkan Lulusan SMK di Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Keahlian dan Sertifikasi Konstruksi

Siapkan Lulusan SMK di Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Keahlian dan Sertifikasi Konstruksi
Tribun Jogja/ Bramasto Adhy
UJI KOMPETENSI - Ratusan siswa-siswi mengikuti persiapan Uji Kompetensi Keahlian dan Sertifikasi Kompetensi di bidang konstruksi di SMKN 2, Jetis, Yogyakarta, Selasa (13/3). SMKN 2 bersama 13 SMK lain di 10 provinsi menjadi pilot project program tersebut. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian dan Sertifikasi Kompetensi di bidang konstruksi pada Selasa (13/2/2018).

Uji kompetensi ini diikuti oleh 13 SMK yang tersebar di 10 provinsi di Indonesia, satu di antaranya adalah SMKN 2 Yogyakarta yang juga turut menjadi pilot project dalam Uji Kompetensi ini.

Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sugiharto menuturkan, uji kompetensi ini sudah dilaksanakan sejak 2016 silam.

"Pertama kerjasama ada MoU, kedua melatih guru-guru sebanyak 600 orang, selain itu kita lanjut dengan sertifikasi siswa ini sebagai Pilot Project," papar Sugiharto kepada Tribunjogja.com

Uji kompetensi ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada siswa SMK agar siap menghadapi era globalisasi.

"Setelah lulus mereka siap bekerja industri dibidang konstruksi," lanjutnya.

Menurutnya, uji kompetensi ini penting sekali bagi lulusan SMK, sehingga harapannya setelah lulus nanti mereka sudah dipersiapkan untuk bekerja dibadan usaha bidang konstruksi.

Ia menambahkan, uji kompetensi ini baru pertama kali dijadikan Pilot Project.

"Insya Allah tahun depan uji coba lagi di sekolah sekitar ini baru 10 provinsi, mudah-mudahan sampai 34 propinsi," tukasnya. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved