Home »

DIY

Perpustakaan Perlu Mengikuti Selera Milenial

Perpustakaan bukan lagi tempat untuk mencari buku semata namun menjadi tempat untuk berkumpul dan diskusi sambil minum kopi.

Perpustakaan Perlu Mengikuti Selera Milenial
Dok Humas UGM
Seminar nasional yang bertajuk Perpustakaan di Era Disrupsi dan Pasca Disrupsi, Selasa (13/3), di ruang Seminar Perpustakaan UGM. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Gaya hidup dan perilaku masyarakat terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu maju dan pesat.

Hal itu juga perlu direspon oleh pengelola perpustakaan untuk mengikuti kemauan dan kebutuhan para generasi milenial dengan menjadikan menjadikan perpustakaan bukan lagi tempat untuk mencari buku semata namun menjadi tempat untuk berkumpul dan diskusi sambil minum kopi.

Hal tersebut mengemuka dalam seminar nasional yang bertajuk Perpustakaan di Era Disrupsi dan Pasca Disrupsi, Selasa (13/3/2018), di ruang Seminar Perpustakaan UGM.

Baca: UNY Bangun Perpustakaan Tanpa Kertas

Seminar yang dilaksanakan dalam rangka perayaan Dies Natalis Perpustakaan UGM ke-67 ini menghadirkan tiga orang pembicara yakni Dosen Psikologi UGM, Dr Neila Ramdhani, MSi,   Direktur Marketing PT Infomedia Nusantara, Andang Ashari ST MT, dan peneliti senior perpustakaan UGM Ida Fajar Priyanto PhD.

Neila mengatakan perilaku masyarakat yang berubah di era disrupsi menurutnya perlu direspon oleh setiap perpustakaan untuk memberikan layanan yang lebih baik terutama kepada generasi milenial selaku pengguna.

“Generasi milenial sekarang ini sangat suka informasi yang sifatnya detail,” ungkapnya dalam siaran berita yang diterima Tribun Jogja dari Humas UGM.

Berbeda dengan generasi baby boomer atau generasi X, kata Neilla, generasi milenial umumnya lebih pandai, cepat berpikir dan responsif.

Baca: Melalui Perangko Dilan, Pos Indonesia Ajak Generasi Milenial Berkirim Surat

”Kita perlu memberi kesempatan dan mendengarkan mereka. Apabila tidak didengarkan mereka akan bicara di tempat lain mungkin bisa saja tidak sesuai dengan tata nilai yang ada,”tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Ari Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help