Home »

DIY

Aplikasi Gifood.id Solusi Cerdas untuk Menyalurkan Makanan Berlebih

Gifood, sebuah aplikasi yang menjembatani antara pihak yang memiliki makanan berlebih dan pihak yang membutuhkan makanan.

Aplikasi Gifood.id Solusi Cerdas untuk Menyalurkan Makanan Berlebih
istimewa
Gifood, sebuah aplikasi yang menjembatani antara pihak yang memiliki makanan berlebih dan pihak yang membutuhkan makanan. 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM – Seringnya melihat banyak makanan tersisa di sekelilingnya, membuat batin Fathin Naufal menjadi miris.

Naufal, biasa dia disebut, merasa tidak tega melihat banyak orang membuang makanan seenaknya.

Sedangkan di  luar sana, banyak juga orang yang harus membanting tulang hanya untuk mendapatkan makanan.

“Dari kecil, teman-teman saya kalau punya makanan gak habis dikasihkan ke saya, saya gak tega lihat makanan sisa. Sampai-sampai saya mendapat julukan Bantar Gebang, sejenis pembuangan terakhir,” ungkapnya saat ditemui Tribunjogja.com, Selasa (13/3/2018).

Pernah suatu kali, dia mendapati temannya sendiri masuk ke rumah sakit gara-gara tidak mampu membeli makanan.

Suatu hari, karena penasaran dengan ketimpangan yang ada di sekelilingnya, Naufal sampai mencari data dari Food and Agriculture Organization (FAO), mengenai jumlah makanan yang terbuang setiap tahunnya.

Betapa kagetnya Naufal, karena mendapati Indonesia ada di urutan kedua negara yang paling banyak membuang makanan, setelah Arab Saudi.

“Pertahun di negara kita ada 13 juta ton makanan terbuang. Sedangkan orang yang kekurangan makan sebanyak 19,4 juta orang. Jika dikalkulasi sisa makanan itu bisa untuk memberi makan 11% dari total orang yang tidak bisa makan,” ungkap mahasiswa jurusan Tehnik Industri Universitas Gadjah Mada ini.

Ketimpangan itulah yang membuat Naufal berpikir untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubungkan orang-orang yang memiliki makanan berlebih ke orang-orang yang memang membutuhkan.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help