Petani Jambu di Trirenggo Bantul Mulai Kembangkan Jus Buah Jadi Alternatif Penjualan

Jus jambu buatan Zain diberi nama 'Guava' memiliki tekstur yang lembut. Aroma dan rasa manis buah jambunya sangat terasa.

Petani Jambu di Trirenggo Bantul Mulai Kembangkan Jus Buah Jadi Alternatif Penjualan
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Jus buah kemasan milik Zain, petani jambu dari Trirenggo, Bantul. 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Di tengah gempuran pasar buah yang tak bisa diprediksi, Zain Juni Nurmadi, petani jambu asal Trirenggo, Bantul mulai mengembangkan inovasi penjualan buah jambu miliknya dalam bentuk jus kemasan.

"Di lahan pekarangan yang ditanami pohon jambu, saya bisa panen buah jambu ini setiap hari. Kalau pas lagi panen banyak dan nggak habis dijual, saya olah dan dijual dalam bentuk jus jambu," ujar Zain kepada Tribunjogja.com, sembari menunjukkan jus jambu berwarna merah muda, Senin ( 12/03/2018).

Jus jambu buatan Zain diberi nama 'Guava' memiliki tekstur yang lembut. Aroma dan rasa manis buah jambunya sangat terasa.

"Jus jambu buatan saya ini memang beda dari yang lain. Karena saya mementingkan kualitas. Dari mulai tekstur buah jambu yang akan digunakan sampai campuran gula, saya menggunakan gula pasir," terangnya.

Kebanyakan orang menduga, pembuatan jus jambu itu berasal dari jambu rijek atau jambu yang sudah bekas dan tidak laku di pasaran.

Namun berbeda dengan Zain, ia mengaku teliti dalam hal itu. Pembuatan jus jambu miliknya ia pilih dari jambu yang memang sudah benar-benar masak dan memiliki tekstur gembur, sehingga rasanya lebih lembut.

"Untuk dibuat jus kami tetap pilih jambu yang benar-benar masak. Biasanya kami tunggu 2 sampai 3 hari pasca di petik dari pohonnya, supaya teksturnya lembut," terang dia.

Selain dijual dalam bentuk Jus buah, Zain juga menjual buah jambu miliknya di depan rumah dan ke sejumlah minimarket yang ada di wilayah Bantul.

ia mengaku sangat menjaga kualitas produk buah miliknya, sehingga sangat teliti dalam panen dan penjualan.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved