Kelompok Awoh Budidayakan Bibit Tanaman dengan Cara Sederhana

Kelompok Awoh sendiri merupakan kelompok tani mandiri yang terdiri dari bapak-bapak yang berinisiatif membudidayakan bibit.

Kelompok Awoh Budidayakan Bibit Tanaman dengan Cara Sederhana
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Kelompok Awoh membudidayakan bibit dengan cara menanamnya di polybag. 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM - Tidak adanya lahan pertanian di kampungnya serta keinginan Suhardi menyatukan para bapak-bapak di sekitar rumahnya, membuatnya merelakan sebagian tanahnya untuk dibuat lahan pembibitan tanaman oleh Kelompok Awoh.

Kelompok Awoh sendiri merupakan kelompok tani mandiri di Kampung Citran, Dusun Bodon, Jagalan, Bantul yang terdiri dari bapak-bapak yang memiliki inisiatif membudidayakan bibit dengan cara menanamnya di polybag.

Sasaran mereka adalah mengembangbiakan bibit buah-buahan, yang mana hasil dari penjualan bibit tersebut akan masuk ke dalam kas kelompok dan untuk warga sekitar.

Suhardi mengatakan jika awal mula tanahnya adalah sebuah tempat menampungan sampah, karena letaknya tepat di dekat sungai.

Tanah seluas 16x6 meter tersebut kini disulap sebagai lahan hijau yang terdapat banyak bibit buah-buahan, sayuran, bunga, serta ternak.

“Tempat ini dulunya banyak sampahnya. Biarpun warga sini tidak membuang sampah ke sungai, tapi orang-orang dari perumahan yang membuang sampah selalu berhenti di sini,” ungkapnya.

Suhardi mengatakan jika dia sangat senang sekali melihat bapak-bapak di kampungnya memiliki kegiatan positif di tengah kesibukan mereka bekerja.

Dengan cara otodidak dan kemauan yang kuat, bapak-bapak ini bisa menghasilkan bibit buah untuk dijual dan dibagikan ke warga sekitar.

“Ini hanya media menyatukan warga, hasilnya juga dinikmati bersama. Tidak ada yang gaji,” terangnya

Bagi lelaki berumur 48 tahun ini, melihat kerukunan di kampungnya adalah suatu kebahagian buatnya.

“Saya ingin seperti tahun 1990’an dulu, yang mana orang-orang tidak terpaku pada gadget. Itu sangat menyenangkan,” ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved