Kata Profesor Korea, Inilah Durian Paling Enak di Indonesia

Mau tahu manakah durian paling enak di Indonesia menurut Profesor Korea Eje Kim? Ini jawabannya

Kata Profesor Korea, Inilah Durian Paling Enak di Indonesia
Dok Pri Eje Kim via Kompas.com
Ashley, anak laki-laki dari Eje Kim seorang Profesor Korea yang amat mencintai durian Indonesia, ia sedang berbagi durian dengan orang utan, di Hutan Tangkahan, Kalimantan Tengah (2016). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sangat sulit memang ketika harus menentuka mana durian terbaik di negeri yang sangat kaya akan ragam duriannya seperti Indonesia. Namun profesor asal Korea yang amat mencintai durian Indonesia ini punya pendapat unik.

Eje Kim (46), namanya, seorang ahli geologi dari Seoul National University. Sejak 1997 ia telah mengunjungi berbagai negara ASEAN untuk peelitiannya, sembari berburu durian. Hingga kini sudah sekitar 100 kota di Indonesia dikunjungi Eje Kim.

Baca: Kulit Durian Bisa Cegah Panas Dalam, Ini 5 Manfaat Lainnya?

Indonesia menjadi negara terakhir yang ia jelajahi potensi duriannya. Saking banyaknya ragam durian di Indonesia, ia tidak berpindah ke lain negara untuk mencari durian lagi. Kim telah mengunjungi berbagai kota dari Aceh hingga Papua, tapi ia merasa belum semua jenis durian ia coba.

Ia pun menambatkan hati pada durian Indonesia karena kelezatan alami durian Indonesia yang masih terjaga. Tidak banyak rekayasa generik, tidak meggunakan pestisida, bukan untuk produksi massal, hal-hal tersebut jadi beberapa alasannya memilih durian Indonesia.

Baca: Wah Ternyata Durian Mengandung Kolesterol Itu Hanya Mitos Lho. Ini Penjelasannya

"Durian Indonesia masih amat alami, banyak di hutan-hutan yang enak. Seperti wine terbaik yang berasal dari perkebunan kecil, bukan industri massal yang sudah banyak rekayasa," tutupnya dalam pertanyaan tersebut.

Namun, di tengah keberagaman tersebut, manakah durian Indonesia yang menurutnya paling nikmat?

Baca: Kampung Durian Mantenan Magelang, Surganya Penikmat Durian

"Durian dan orangutan itu saling menyatu. Mencari durian terbaik, maka lihatlah orangutan saat memilihnya," tutur Eje Kim kepada KompasTravel, saat peluncuran buku "Happy Yummy Journey", di Gramedia Central Park, Jakarta, Sabtu (10/2/2018).

Halaman
123
Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help