Uniknya Serangga Kayu yang Terinspirasi Masa Kecil

Berjudul Mechanical Horn Centaur Beetle, serangga kayu ini kontras dengan karya seni lain yang dipajang di stand yang kebanyakan berupa lukisan.

Uniknya Serangga Kayu yang Terinspirasi Masa Kecil
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Dedy Shofianto bersama serangga kayu buatannya di acara Jogja International Furniture & Craft Fair Indonesia (Jiffina) 2018 di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (10/3/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Serangga kayu karya Dedy Shofianto menjadi satu dari sekian karya seni yang mencuri perhatian di ajang Jogja International Furniture & Craft Fair Indonesia (Jiffina) 2018 di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (10/3/2018).

Sekilas daya tarik muncul karena bentuknya yang realistis, detail di tiap bagian tubuh dan gerakan alat gerak serangga.

Serangga kayu milik Dedy terpajang di salah satu stand Jiffina tepatnya di stand Asosiasi Perupa Republik Indonesia (APERI).

Berjudul Mechanical Horn Centaur Beetle, serangga kayu ini kontras dengan karya seni lain yang dipajang di stand yang kebanyakan berupa lukisan.

Berbincang santai dengan Dedy si pembuat serangga kayu, karya miliknya sebenarnya lebih dari sekedar karya seni visual berbahan dasar kayu yang dibentuk sama persis seperti serangga.

Ternyata, serangga kayu ini adalah visualisasi kenangan masa kecilnya ketika berada di Sumatra.

Baca: Foto Emak-emak di Kebumen Angkat Kayu Besar Ini Bikin Warganet Salut

"Waktu saya kecil, sekitar rumah saya banyak sekali serangga wawung di sekitar hutan perkebunan sawit, sebenarnya di Jawa juga banyak ya, tapi makin hari saya semakin jarang melihatnya, saya coba mengingat wawung melalui karya seni yang saya buat," kata Dedy.

Dijelaskan Dedy, serangga kayu miliknya adalah bagian dari karya seni kinetik (kinetic art) atau karta seni gerak.

Karya seni jenis ini pada dasarnya adalah karya seni yang berkaitan dengan gerak dengan banyak variasi bentuk geraknya. Jenis hewan memang jadi kebanyakan ide.

Halaman
123
Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved