Ratusan Orang di DIY Kantongi Izin Kepemilikan Senpi

Menurut data yang diperoleh Tribun Jogja dari Polda DIY, saat ini ratusan orang di DIY telah mengantongi izin kepemilikan dan menggunakan senpi

Ratusan Orang di DIY Kantongi Izin Kepemilikan Senpi
Net
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Saat ini senjata api (Senpi) tak hanya dimiliki oleh aparat saja, masyarakat sipil juga dapat memiliki dan menggunakan senpi sesuai dengan Surat Keputusan Kapolri (SKEP) No.82/II tahun 2004.

Namun, bukannya masyarakat secara keseluruhan, melainkan hanya masyarakat sipil tertentu saja yang diperbolehkan dan memiliki senjata api untuk kepentingan bela diri.

Hal itu sesuai dengan apa yang diatur dalam Skep tersebut.

Diketahui pula, memiliki senpi sudah diatur dalam Undang-undang (UU) No.8 Tahun 1948 tentang Pendaftaran dan Pemberian Izin Pemakaian Senjata Api.

Menurut data yang diperoleh Tribun Jogja dari Polda DIY, saat ini ratusan orang di DIY telah mengantongi izin kepemilikan dan menggunakan senpi.

Baca: Mengurus Izin Kepemilikan Senpi Minimal  Membutuhkan Waktu 6 Bulan

Kasi Pelayanan dan Administrasi (Yanmin) Direktorat Intelejen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda DIY, Kompol I Nengah Lotama menjelaskan, masyarakat sipil tertentu memang dapat memiliki senpi.

Akan tetapi, persyaratan yang diajukan untuk mengantongi izin tersebut terbilang tak mudah dan prosesnya cukup panjang.

Diungkapkannya pula, bahwa pihaknya memang yang memiliki kewenangan dalam mengeluarkan izin.

Meski demikian, untuk Polda DIY sendiri menurutnya hanya sebagai fasilitator terkait serangkaian tes yang akan dijalani para pemohon izin kepemilikan senpi.

Halaman
123
Penulis: rid
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved