Kim Jong Un: Presiden Korea Selatan Kini Bisa Lebih Tenang

"Setelah saya memutuskan setuju untuk peningkatan hubungan Utara-Selatan, mulai sekarang Presiden Moon tidak perlu lagi untuk bangun pagi,"

Kim Jong Un: Presiden Korea Selatan Kini Bisa Lebih Tenang
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) berjabat tangan dengan kepala delegasi Korea Selatan Chung Eui-yong (tengah) di Pyongyang, Korea Utara, Senin (5/3/2018). (KCNA via AFP) 

TRIBUNJOGJA.COM, SEOUL - Jalan menuju ke hubungan yang lebih baik antara Korea Utara dan Korea Selatan nampaknya semakin terbuka.

Hal tersebut terlihat ketika pemimpin Korea Utara ( Korut) Kim Jong Un menyatakan, Presiden Korea Selatan ( Korsel) Moon Jae-in kini bisa lebih tenang dalam menjalankan aktivitasnya.

Pernyataan Kim tersebut dilontarkan Cheong Wa Dae atau Gedung Biru, julukan kantor kepresidenan Korsel, seperti dilansir Yonhap Jumat (9/3/2018).

Kim berbicara demikian setelah menerima kunjungan delegasi Korsel yang dipimpin oleh Kepala Keamanan Nasional Chung Eui Yong, Senin (5/3/2018).

Baca: Menurut Wapres AS, Sanksi ke Korut Mulai Membuahkan Hasil

Dalam rilis yang dikeluarkan Cheong Wa Dae, Kim berkata setiap kali Korut melakukan uji coba nuklir, Moon bakal mengadakan rapat darurat dewan keamanan.

"Setelah saya memutuskan setuju untuk peningkatan hubungan Utara-Selatan, mulai sekarang Presiden Moon tidak perlu lagi untuk bangun pagi," kelakar Kim.

Selain itu, Kim menambahkan, jika ditemukan masalah, dia bakal langsung menelepon Moon dan mencari solusinya bersama.

Dalam pertemuan yang berlangsung hingga Selasa (6/3/2018), Kim tidak hanya sepakat untuk mengadakan Konferens Tingkat Tinggi Antar-Korea Ketiga.

Namun, pemimpin yang berkuasa di Korut sejak 2011 tersebut menyatakan kesanggupannya untuk melakukan denuklirisasi.

Alasannya, kebijakan tersebut merupakan permintaan terakhir yang dibuat oleh sang ayah, Kim Jong Il, kepada Kim.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kim Jong Un: Presiden Korsel Kini Tidak Perlu Bangun Pagi"
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved