Sepanjang Tahun 2016-2017, Kunjungan Wisman ke DIY Meningkat 12 Persen

Sepanjang tahun 2016-2017, kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY meningkat 12 persen.

Sepanjang Tahun 2016-2017, Kunjungan Wisman ke DIY Meningkat 12 Persen
IST
Desa Wisata Kebun Agung terletak di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa wisata ini memang menarik untuk dikunjungi wisatawan mancanegara. 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam medio tahun 2016-2017 DIY mengalami peningkatan wisatawan yang cukup signifikan, setidaknya terjadi peningkatan kunjungan sebesar 12% untuk wisatawan mancanegara, dan 15,19% untuk wisatawan lokal.

Secara tidak langsung, pertumbuhan jumlah wisatawan yang cukup signifikan tersebut juga ikut menambah pendapatan bagi daerah.

“Kenaikan jumlah kunjungan wisatawan turut menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 19,9% terhitung pada tahun 2016, selain itu, pertumbuhan ekonomi DIY juga mencapai 5.05% lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5.02%,” terang Sekretaris Dinas Pariwisata DIY, Rose Sutikno, Kamis (8/2/2018).

Ditambahkan Rose, bahwa keadaan pariwisata DIY yang saat ini mengalami tren positif juga diakibatkan karena kerjasama antara Pemda DIY dengan stakeholder yang terus dijaga.

Selain itu, dengan adanya desa wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan komunitas yang ada di DIY juga memberikan peran nyata pada industri pariwisata DIY.

“Membangun pariwisata DIY ini tidak hanya dibangun oleh Dinas Pariwisata DIY dan pemerintah, tetapi juga didukung oleh semua stakeholders terkait. Kami secara terintegrasi bisa berjalan bersama dengan baik hingga wisatawan terus meningkat,” tukas Rose. (tribunjogja)

Penulis: Rizki Halim
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help