Pembangunan NYIA, Jangan Sampai Turunkan Jumlah Wisatawan

Bandara internasional di wilayah Kulonprogo menimbulkan keresahan tersendiri bagi pemerintah terkait wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta.

Pembangunan NYIA, Jangan Sampai Turunkan Jumlah Wisatawan
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Acara Focus Group Discussion di Bilik Kayu Resto dengan tema 'Menuju Jogja Keren dan Ngangeni', Kamis (22/2/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Yogyakarta memang direncanakan akan membangun bandara baru.

Pembangunan bandara akan ditempatkan di Kulonprogo.

Pembangunan bandara yang akan dinamai New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini diharapkan mampu mengangkat perekonomian yang ada di sekitar Kulonprogo.

Namun nampaknya pindahnya bandara internasional di wilayah Kulonprogo menimbulkan keresahan tersendiri bagi pemerintah terkait wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta.

"Karena lokasi di Kuloprogo dekat dengan satu potensi wisata yakni Borobudur jadi jangan sampai kemudian wisatawan lari ke wilayah tersebut," papar Sugeng, perwakilan Bappeda DIY dalam acara Focus Group Discussion 'Menuju Jogja Keren dan Ngangeni' di pendopo Bilik Kayu Resto kamis (22/2/2018).

Kekhawatiran tersebut terkait ketertarikan wisatawan untuk langsung menuju Borobudur dan melupakan Yogyakarta sebagai satu lokasi wisata.

Namun Sugeng, melanjutkan perlunya sinergitas untuk membuat Yogyakarta tetap menjadi lokasi wisata yang menarik dan selalu menjadi magnet bagi wisatawan. Baik dari masyarakat, pemerintah, swasta dan berbagai stakeholder yang dapat berperan memajukan wisata di Yogyakarta.

"Jangan sampai mereka hanya numpang turun di Bandara Yogyakarta kemudian lari berwisata ke wilayah lain, bermalam di sana dan belanja-belanja di wilayah mereka," jelasnya.

"Makanya perlu kerjasama yang baik dari warga, pemerintah dan berbagai pihak agak wisatawan nanti ya tetap berwisata di Yogyakarta, wisatawan turun di NYIA kemudian menginap di Yogya dan belanja di Yogya juga sehingga Yogya memang menjadi tempat yang keren dan ngangeni," tuturnya disela acara. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved