UNY Optimis Menang dalam Kompetiti Eco-Marathon

Kompetisi yang disponsori oleh Shell ini adalah ajang bagi para peserta membuat kendaraan khusus yang bisa melakukan efisiensi bahan bakar

UNY Optimis Menang dalam Kompetiti Eco-Marathon
IST
Garuda UNY Eco Team mempresentasikan kesiapannya dalam kompetiti Eco-Marathon yang akan digelar di Singapura, Maret mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Garuda UNY Eco Team tengah bersiap dalam kompetiti Eco-Marathon yang akan berlangsung di Singapura 7-11 Maret mendatang.

Kompetisi yang disponsori oleh Shell ini adalah ajang bagi para peserta membuat kendaraan khusus yang bisa melakukan efisiensi bahan bakar seirit mungkin.

Ketua Tim Rekayasa Teknologi UNY Mohamad Shihab mengatakan bahwa kendaraan yang akan digunakan berlaga di Singapura telah berhasil direduksi bobotnya.

Dari semula 122 kg menjadi 94 kg dengan tetap memperhatikan faktor keamanan.

Selain mereduksi bobot, ada beberapa modifikasi lain yang diterapkan, seperti penggantian transmisi menjadi 7 kecepatan dari sebelumnya 3 kecepatan dan reduksi kopling dari manual menjadi smooth shift.

"Dengan mengurangi bobot, akan lebih mendukung keiritan bahan bakar yang dikonsumsi. Selain itu dengan modifikasi lain itu maka kinerja kendaraan meningkat," ucapnya, Senin (19/2/2018).

Pria yang akrab disapa Ega ini memaparkan, dalam uji rolling force, yaitu kendaraan diluncurkan dari ketinggian tertentu dengan sudut 45 derajat, mobil UNY berhasil menempuh jarak 301 meter dari sebelumnya yang hanya 130 meter.

Baca: Procie Omah Rekam Usung Jasa Recording di Youth Creative Competition

The Eco-Marathon sendiri diadakan keliling dunia dan pernah diadakan di Finlandia, Perancis, Jerman, Belanda, Jepang, Amerika Serikat dan Malaysia.

Kompetisi ini diikuti oleh berbagai peserta mulai dari amatir sampai tim perguruan tinggi dan perusahaan kendaraan bermotor dengan berbagai rancangan.

Selain berharap menjuarai perlombaan di Singapura besok, ia juga menargetkan lolos dalam driver world championship di London.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help