Bupati Bantul Siap Tindak Tegas Pelaku Intoleransi

Suharsono menaruh harapan besar kepada FKUB sebagai sebuah elemen garda depan yang menjaga kerukunan umat beragama.

Bupati Bantul Siap Tindak Tegas Pelaku Intoleransi
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Pelantikan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bantul periode 2018-2023 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul, Kamis (15/2/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Bantul'>Bupati Bantul, Suharsono meminta setiap kegiatan keagamaan yang digelar di Bantul dilaporkan ke instansi terkait termasuk aparat kepolisian.

Ini demi meminimalisir hal tak mengenakkan di tengah isu intoleransi agama yang sedang hangat.

"Ini tahun politik, jangan sampai kecolongan, saya minta setiap kegiatan di masyarakat dilaporkan kepada kami, pelaporan ini sebagai bentuk pemberitahuan agar kita saling berkoordinasi satu sama lain, apapun termasuk kegiatan agama di level manapun," kata Suharsono.

Suharsono meyakini bahwa setiap kegiatan bisa menimbulkan kerawanan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekecil apapun kegiatan tersebut bisa menjadi besar.

Atas dasar inilah ia meminta agar setiap kegiatan baik level besar maupun kecil selalu dilaporkan kepada instansi terkait.

Suharsono menyampaikannya usai melantik pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bantul periode 2018-2023 di Pendopo Rumah Dinas Bantul'>Bupati Bantul, Kamis (15/2/2018).

Ia juga menegaskan jika pihaknya siap bertindak tegas jika terbukti ada penyimpangan.

"Perbuatan intoleran juga intoleransi dalam beragama tidak dibenarkan, makanya kalau sudah ada buktinya kita tidak segan-segan menindak (pelaku intoleransi), tapi kalau hanya isu tanpa bukti yang kuat tentu kita tidak bisa (menindak), karena tidak ada dasar," katanya.

Oleh sebab itu, Suharsono juga meminta masyarakat berperan aktif untuk melaporkan setiap fenomena yang terjadi di lingkungan.

Halaman
12
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved