Prakiraan BMKG : Wilayah DIY Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Hingga Dua Hari ke Depan

Potensi hujan ini menurut BMKG Yogyakarta bakal berlangsung dua hingga tiga hari ke depan .

Prakiraan BMKG : Wilayah DIY Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Hingga Dua Hari ke Depan
Dok.BMKG
Citra satelit BMKG pada Selasa (13/2/2018), sore hingga malam berpotensi hujan petir 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wilayah DIY dan sekitarnya diprediksi berpotensi besar turun hujan disertai petir, pada Selasa (13/2/2018), jelang sore hingga malam hari.

Potensi hujan ini menurut BMKG Yogyakarta bakal berlangsung dua hingga tiga hari ke depan .

Kepala kelompok Data Dan Informasi BMKG Stasiun Klimatoligi Yogyakarta, Djoko Budiyono, menjelaskan munculnya hujan di sebagian wilayah Yogya yang disertai petir dan angin khususnya, yang terjadi menjelang sore hingga malam hari, dikarenakan beberapa faktor.

Salah satunya adanya pertumbuhan awan awan konvektif.

Awan ini terbentuk karena adanya pemanasan yang kuat di laut sehingga terjadi kenaikan massa udara yang cepat sehingga terbentuklah awan awan jenis konvektif (awan Cumulonimbus).

"Selain awan konvektif, suhu permukaan laut di perairan Indonesia saat ini cukup hangat berkisar 28-30 C, ini memberikan kontribusi supply uap air yang tinggi, di samping itu posisi matahari yg berada di kisaran Pulau Jawa juga mempunyai peranan yang kuat bagi pemanasan di laut," terang Djoko, Selasa (13/2/2018).

Lanjut Djoko, hasil analisa citra satelit cuaca juga menunjukkan, pola angin saat ini menunjukkan adanya daerah tekanan rendah (low pressure) di selatan Pulau Jawa dan barat laut Australia.

Hal ini memberikan andil bagi pembentukan awan awan hujan dengan pembentukan daerah pumpunan di selatan Jawa.

"Bila membaca analisa kondisi atmosfer dan laut, maka potensi munculnya hujan yang disertai petir, serta angin masih akan muncul di sebagian besar wilayah DIY, terutama di siang menjelang sore hari dalam waktu 2-3 ke depan. Pagi ini sudah nampak di sebagian wilayah DIY, ujar Djoko.

Sementara itu, wilayah-wilayah yang diprediksi bakal berpotensi besar turun hujan disertai petir meliputi sebagian besar Sleman, Kulonprogo bagian utara, Bantul utara, kodya serta sebagian Gunungkidul bagian utara.

"Mengingat kondisi cuaca, BMKG DIY menghimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun papan reklame atau baliho tumbang atau roboh. Selain itu, hendaknya tidak berlindung di bawah pohon dan tidak menyalakan barang barang elektronik jika hujan turun disertai kilat atau petir,"yang imbuh Djoko. (*)

Penulis: yud
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help