TribunJogja/

Polresta Yogyakarta Ringkus Komplotan Pembobol ATM

Pihaknya terus berupaya mengembangkan kasus tersebut dengan mengungkap korban-korban yang ada.

Polresta Yogyakarta Ringkus Komplotan Pembobol ATM
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Polisi meringkus pelaku kejahatan pembobol ATM 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kapolresta Yogyakarta, Kombes Tommy Wibisono, mengimbau masyarakat untuk melapor bila pernah menjadi korban kejahatan terkait Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Hal ini menyusul ditangkapnya empat pelaku yang merupakan komplotan kejahatan bermodus mengganjal mesin ATM menggunakan tusuk gigi.

"Bagi yang pernah jadi korban, mengalami ATM-nya tiba-tiba kosong, segera melapor kepada kami, karena pelaku sudah diamankan," ujar Kombes Pol Tommy Wibisono, di Mapolresta Yogyakarta, Senin (12/0272018).

Empat Pelaku yang berhasil diamankan yakni M Ikrom (38) warga Banten, Niko (33) dan Rita (34) keduanya suami-istri, warga Tanggamus, Lampung dan MRK (30) warga Wonogiri, Jawa Tengah.

Dijelaskan Tommy, keempat pelaku merupakan sindikat kejahatan lintas provinsi. Pihaknya terus berupaya mengembangkan kasus tersebut dengan mengungkap korban-korban yang ada.

"Dari lidik anggota, pengakuan pelaku, dalam satu tahun ini di kota Yogya, ada tiga TKP melancarkan aksi. Dan tidak menutup kemungkinan di wilayah lain ada korban," ungkapnya.

Diceritakan sebelumnya, kasus ini bisa terungkap, bermula ketika korban, YFS warga Sleman, hendak mengambil uang di ATM Mandiri di jalan Menteri Supeno, Umbulharjo, Yogyakarta, pada Senin (22/01/2018) sekira pukul 15.00 WIB.

Ketika korban hendak memasukkan kartu kedalam mesin ATM ternyata tidak bisa. Dari sini kemudian skenario dimainkan.

"Satu pelaku pura-pura datang, menanyakan, 'Kenapa, ATM tidak mau masuk ya, coba sini saya lihat,' " tutur Tommy, menirukan adegan pelaku.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help