Dunia Usaha Semakin Diminati Generasi Muda di DIY

Munculnya profesi baru, seperti penyedia jasa pembuat aplikasi rintisan, seakan memperlihatkan keengganan generasi muda, untuk jadi pegawai.

Dunia Usaha Semakin Diminati Generasi Muda di DIY
net
ilustrasi generasi muda 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY menilai pertumbuhan dunia wirausaha di DIY, sedikit banyak dipengaruhi oleh pergeseran minat generasi muda.

Pasalnya, orientasi anak muda yang tadinya menjadi pegawai, kini mulai berubah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Tri Saktiyana, mengatakan bahwa seiring perkembangan zaman, muncul pergeseran cara pandang generasi muda tersebut.

Ia mengakui, dewasa ini, anak muda mulai enggan berkarir sebagai pegawai.

"Ya, kalau generasi saya dulu, pilihan pertama tentu jadi pegawai. Jadi pengusaha itu pilihan terakhir," katanya, saat dijumpai di Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Senin (13/2/2018).

Sedangkan bagi generasi sekarang, lanjut Saktiyana, tertarik menjadi pengusaha, lantaran lebih bebas, tanpa dikekang aturan sebuah perusahaan.

Menurutnya, hal tersebut, bisa dimanfaatkan, untuk mengarahkan mereka menjadi pengusaha dan membuka lapangan kerja.

Baca: Pernikahan Mewah Ala Anak Pengusaha Tambang Batu Bara, Pestanya Digelar 10 Hari 10 Malam!

"Kami memang tidak meneliti pertumbuhan wirausaha di DIY itu secara khusus. Tapi, kalau dilihat dari peluang kerja yang tidak terlalu banyak, bisa dikatakan, bakal terus bertumbuh," ungkapnya.

Saktiyana menuturkan, sejumlah usaha yang kini mulai tumbuh, antara lain di bidang kerajinan dan kuliner.

Ditambah, munculnya profesi baru, seperti penyedia jasa pembuat aplikasi rintisan, seakan memperlihatkan keengganan generasi muda, untuk jadi pegawai.

"Harus ada penyadaran sejak dini, untuk menumbuhkan jumlah pengusaha. Mestinya, ada kurikulum tersendiri, di setiap jenjang pendidikan, agar ilmu tentang kewirausahaan itu benar-benar tepat sasaran," tuturnya.

Baca: Pantang Menyerah! Pasutri Ini Terus Berusaha Dapat Anak Perempuan, Meski Kini Sudah Punya 13 Anak

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan, Distribusi, Logistik, Hubungan Internasional Promosi dan Investasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY, Wawan Harmawan, mengakui bahwa dunia wirausaha DIY mengalami perkembangan dan cukup potensial.

"Saat ini, kualitasnya juga sudah meningkat, lebih maju, karena memanfaatkan teknologi digital. Terlebih, setiap perguruan tinggi sekarang sudah memasukkan mata kuliah kewirausahaan," jelasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved