Layani Kesehatan Area Pinggiran, Kulonprogo Latih Tim Medis 

Pada tahun ini juga akan dilakukan pelatihan khusus terhadap tim medis yang bertugas di wilayah-wilayah tersebut.

Layani Kesehatan Area Pinggiran, Kulonprogo Latih Tim Medis 
tribunjogja/singgih wahyu
Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo saat memberikan keterangan pada wartawan. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Perbaikan pelayanan kesehatan masyarakat di area terpencil dan pinggiran tengah digencarkan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

Pada tahun ini juga akan dilakukan pelatihan khusus terhadap tim medis yang bertugas di wilayah-wilayah tersebut. 

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan Pemkab saat ini sedang meningkatkan perbaikan pelayanan di area terpencil atau dalam praktiknya berbentuk Puskesmas Pembantu.

Tim medis itu akan dibentuk dan dilatih mulai Maret 2018 ini.

Pelatihan ditangani langsung oleh para ahli sehingga manfaatnya bisa diterapkan langsung oleh tim yang sedianya akan ditempatkan di wilayah-wilayah terpencil tersebut. 

Baca: Hasto Ingin Kawasan Wisata di Bedah Menoreh Tonjolkan Budaya Berwawasan Nusantara

"Mereka akan melakukan deteksi, pemeriksaan data klinis, hingga mengkomunikasikan hasil pemeriksaan awal kepada dokter spesialis langsung secara daring," kata Hasto, Minggu (11/2/2018).

Ia menyebut, Kulonprogo baru saja mendapat bantuan senilai lebih dari Rp 5 miliar berupa medical tool kit peralatan deteksi dini penyakit dari dana tanggungjawab sosial perusahaan asal Taiwan.

Bantuan untuk 21 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kulonprogo itu akan membantu Pemkab dalam memberikan pelayanan deteksi dini pada penyakit menular maupun tidak menular. 

Di antaranya yang cukup menonjol yakni Demam Berdarah Dengue, malaria, tuberculosis (TBC), diabetes, jantung, hingga hipertensi (darah tinggi).

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help