Empat Raperda di Kulonprogo Siap Disahkan

Empat rancangan peraturan daerah (raperda) di Kulonprogo siap disahkan dalam waktu dekat setelah pembahasan yang ketat

Empat Raperda di Kulonprogo Siap Disahkan
ist
Logo Pemkab Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Empat rancangan peraturan daerah (raperda) di Kulonprogo siap disahkan dalam waktu dekat setelah pembahasan yang ketat oleh eksekutif dan legislatif. 

Raperda tersebut yakni Raperda Penyelenggaraan Metrologi Legal dan raperda Retribusi Rumah Potong Hewan yang akan dipersetujukan dalam rapat paripurna pada Senin (12/2/2018).

Selain itu juga raperda Perubahan Peraturan Daerah Kabupaten Kulonprogo No.1/2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kulonprogo 2012-2032 yang tengah menunggu jadwal rapat kerja. 

Serta, raperda Penambahan penyertaan modal pemerintah daerah kepada Perseroan Terbatas Selo Adikarto yang menunggu draft baru dari eksekutif untuk kemudian ditandatangani dan disahkan.

Raperda satu ini sebelumnya telah muncul pada Program Pembuatan Perda (Propemperda) 2017 namun belum selesai dibahas dan dilanjutkan pada tahun ini.

Adapun pada 2018 ii ada 14 raperda yang perlu dibahas dan disahkan eksekutif bersama legislatif.

Baca: Pemda DIY Kebut 4 Raperda dalam 1,5 Bulan

"Tidak ada kendala berarti dalam pembahasan. Kami berharap semuanya selesai tahun ini dan berjalan lancar. Baik saat dikonsultasikan dengan Biro Hukum Pemda DIY, rapat kerja di legislatif, maupun saat fasilitasi untuk mendapatkan nomor registrasi Perda," kata Kepala Bagian Hukum, Sekretariat Daerah Kulonprogo, Iffah Muffidati, Minggu (11/2/2018).

Dia menyebut, OPD (organisasi perangkat daerah) yang mengusulkan raperda tersebut sudah memantapkan drafnya.

Pun Bagian Hukum telah mengkaji dan mengharmonisasikannya dengan peraturan perundangan, hak asasi manusia, serta pembenahan legal drafting.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help