TribunJogja/
Home »

DIY

Diawali di Yogya, Kirab Budaya Harmoni Indonesia, Akan Terus Berlanjut Hingga Seluruh Indonesia

Kegiatan Harmoni Indonesia selanjutnya akan berlokasi di Kota Semarang, pada Sabtu, 17 februari 2018 mendatang.

Diawali di Yogya, Kirab Budaya Harmoni Indonesia, Akan Terus Berlanjut Hingga Seluruh Indonesia
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Kirab Budaya Harmoni Indonesia dan deklarasi Indonesia tanpa hoax, Sabtu (10/02/2018). 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Kegiatan Harmoni Indonesia dan Kirab Budaya Nusantara yang digelar di Alun-alun Utara kota Yogyakarta, pada Sabtu (10/02/2018) pagi, direncanakan akan terus berlanjut hingga ke seluruh Indonesia.

"Harmoni Indonesia ini untuk menjaga keselarasan. Diawali di kota Yogyakarta, nanti kegiatan serupa, akan berlanjut dan ada di setiap provinsi di Indonesia," ujar Ketua pelaksana kegiatan, Riris Muldani, Sabtu (10/2/2018)

Dikatakan Riris, untuk jadwal kegiatan Harmoni Indonesia selanjutnya, pihaknya mengagendakan akan digelar di Kota Semarang, pada Sabtu, 17 februari 2018 mendatang.

"Untuk persiapan selanjutnya tanggal 25 Februari, kita gelar dikota di Malang. Terus berlanjut hingga 34 provinsi di Indonesia," ungkap Riris.

Ditanya kenapa memilih mengawali gerakan Harmoni Indonesia di tanah Mataram, Riris mengakui bahwa kota Yogyakarta selain dikenal sebagai kota pendidikan, di kota ini juga menjadi tolak ukur kebudayaan.

"Yogya budayanya sangat kental, sehingga Jogja menjadi pusat dan sekaligus kota pendidikan. Disini jadi tolak ukur," terang Riris.

Diharapkan, setelah sukses digelar di Yogyakarta. Harmoni Indonesia dan Kirab Budaya ini bisa getuk tular hingga ke daerah-daerah lain.

"Ending dari Harmoni Indonesia ini nanti kita memilih ada di Bali," terangnya.

Kegiatan Harmoni Indonesia diselenggarakan oleh penggerak Budaya Nusantara yang berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI).

Acara ini diawali dengan senam massal, Kirab Budaya dan ditutup dengan deklarasi 'Indonesia Tanpa hoax' yang dipimpin langsung Menkominfo, Rudiantara.

Ditambahkan Riris, Harmoni Indonesia dan pentas Kirab Budaya ini merupakan satu cara untuk menguri-uri budaya dan mensosialisasikan hasil pembangunan oleh pemerintah selama beberapa tahun terakhir.

"Tujuan acara pentas kirab budaya ini selain menghidupi budaya, juga sebagai wadah bagi pemerintah untuk mensosialisasikan hasil kerja pembangunan selama ini. Supaya masyarakat mengetahui program dan pembangunan yang telah dan sedang dilakukan pemerintah," papar dia.

"Jadi antara pembangunan yang terus berlanjut dengan kebudayaan yang harus dilestarikan, berjalan beriringan sebagai keselarasan," ungkapnya. (*)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help