12 Penyakit Aneh

Tangan Alien yang Tak Bisa Dikendalikan Pemiliknya

Pemilik tangan memiliki sensasi penuh pada tangan bermasalahnya, tapi mereka tidak bisa mengendalikan gerak-geriknya

Tangan Alien yang Tak Bisa Dikendalikan Pemiliknya
huffpost
Seorang pengidap Alien Hand Syndrome 

TRIBUNJOGJA.COM - Sindrom “Tangan Alien” (alien hands syndrome) digambarkan sebagai suatu kondisi di mana walaupun si pemilik tangan memiliki sensasi penuh pada tangan bermasalahnya, mereka tidak bisa mengendalikan gerak-geriknya seolah-olah tangan tersebut merupakan sebuah entitas terpisah dari tubuhnya, yang memiliki jalan pikiran terpisah dari induknya.

Para peneliti percaya bahwa ini adalah efek samping dari operasi otak atau pemisahan dari lobus di otak. Mereka menemukan bahwa pada pasien dengan sindrom ini, otak kiri dan kanan otak mereka masing-masing mampu bergerak atas kemauan independen.

Kadang, sebuah efek samping yang jarang terjadi akibat cedera otak atau bedah pengangkatan dari corpus callosum adalah ketidakmampuan untuk mengontrol tindakan salah satu satu tangan.

Tidak ada terapi pengobatan yang dikenal, namun memberikan sisi tangan tersebut sesuatu untuk digenggam akan cukup untuk membuatnya terdistraksi sementara waktu.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurologist mengungkapkan bahwa suntikan toksin botulinum dapat membantu mengelola sindrom ini. (Ajeng Quamila/hellosehat.com)

Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help