Pemkab Gunungkidul Undang Ahli Geologi untuk Teliti Lubang Ambles

Ahli geologi pun akan diundang untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Pemkab Gunungkidul Undang Ahli Geologi untuk Teliti Lubang Ambles
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K
Warga tengah memantau Fenomena tanah ambles atau sink hole di Desa Petir, Kecamatan Rongkop, Jumat (9/2/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan melakukan penelitian geologi untuk menindaklanjuti puluhan lubang ambles yang bermunculan di Gunungkidul.

Ahli geologi pun akan diundang untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut.

"Kami akan lakukan pendalaman di sini. Kami akan undang ahli geologi untuk dapat menjelaskan fenomena tersebut, sekaligus solusi atas masalah tersebut," ujar Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, Jumat (9/2/2018).

Immawan mengatakan, penelitian ini penting untuk dilakukan, sehingga dapat diketahui penyebab terjadinya lubang ambles tersebut, berikut solusi untuk mengangani lubang amblesan tersebut.

Penelitian pun diharapkan dapat segera dilakukan karena lubang ambles semakin meluas hingga enam kecamatan di Kecamatan Saptosari, Purwosari, Rongkop, Tepus, Ponjong dan Semanu.

Baca: Fenomena Tanah Ambles di Gunungkidul Semakin Meluas, Ada 17 Titik Baru

" Kami akan sampaikan kepada ibu bupati, untuk menindak lanjuti terkait lubang amblas tersebut. Hasil penelitian ini untuk mengetahui dan mengantisipasi lubang yang amblas," tuturnya.

Immawan pun meminta agar masyarakat untuk tidak khawatir, karena lubang amblesan selama ini masih terjadi di lahan pertanian, dan belum terjadi di permukiman.

Baca: Tanah Ambles Tapal Kuda di Kalibawang, Tiga Rumah Terancam Longsor Susulan

Kendati demikian, pihaknya menghimbau agar warga dapat berwaspada. Masyarakat pun diminta untuk melaporkan jika ada fenomena lubang ambles di daerahnya.

"Sejauh ini tidak menimbulkan yang membahayakan dan mengandung resiko keamanan. Namun kami harapkan kewaspadaan, dan dapat dilaporkan jika ada lubang ambles,"tandasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help