12 Penyakit Aneh

Jumping Frenchmen Disorder, Si Latah yang Berlebihan

Jumping Frenchmen disorder adalah gangguan sangat langka, ditandai reaksi kejut yang luar biasa ekstrem saat kaget.

Jumping Frenchmen Disorder, Si Latah yang Berlebihan

TRIBUNJOGJA.COM - Jumping Frenchmen disorder adalah gangguan yang sangat langka, ditandai dengan reaksi kejut yang luar biasa ekstrem saat kaget. Reaksi kejut adalah kejadian alami, normal, respon cepat tanpa sadar untuk stimulus tiba-tiba atau tak terduga (misalnya, suara berisik tiba-tiba atau perintah tiba-tiba).

Namun, reaksi dari gangguan ini bukan hanya tersentak ketika seseorang menyelinap di belakang Anda. Reaksi bisa sangat luar biasa menyebabkan penderitanya melompat tak terkendali, mengayunkan tangan dengan heboh, berteriak hingga menanis, mengulangi kata-kata (latah/echolalia).

Selain itu, tanpa sadar meniru gerakan, sumpah serapah atau mengucapkan kata-kata cabul, bahkan mungkin sampai terjatuh kaku akibat dikagetkan.

Selain itu, beberapa individu yang terpengaruh kondisi ini mungkin menunjukkan ketaatan otomatis atau “dipaksa” setelah mendapatkan respon kejut, di mana mereka secara otomatis merespon perintah sederhana seperti melompat, berlari atau memukul. Biasanya, orang-orang tidak akan menanggapi perintah tersebut.

Intensitas respon “latah” dapat dipengaruhi oleh frekuensi kekagetan serta kelelahan, stres atau ketegangan emosional. Seorang individu yang terkena harus kaget dalam rangka untuk menunjukkan reaksi di atas.

Penyebab pasti dari Jumping Frenchmen disorder tidak diketahui. Satu teori adalah bahwa gangguan tersebut terjadi karena adanya respon terkondisi ekstrim untuk situasi tertentu yang dipengaruhi oleh faktor budaya. (Ajeng Quamila/hellosehat.com)

Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help