Gelar Kuliah Umum, UPN Veteran Yogyakarta Hadirkan Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan

UPN Veteran Yogyakarta gelar kuliah umum dengan mengundang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan

Gelar Kuliah Umum, UPN Veteran Yogyakarta Hadirkan Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan
Tribun Jogja/ Tantowi Alwi
Suasana kuliah umum Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta, Jumat (9/2/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tantowi Alwi

TRIBUNJOGJA.COM - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta menggelar kuliah umum dengan mengundang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (9/2/2018).

Gelar kuliah umum tersebut dilaksanakan di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta dan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Tema kuliah umum ini yaitu 'Pengembangan Industri dan Jasa Maritim Indonesia Untuk Mewujudkan Visi Poros Maritim Dunia'.

Ludiro Madu, Koordinator Acara mengatakan, kuliah umum ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Pusat Studi Pertahanan dan Keamanan (Pushankam) UPN Veteran Yogyakarta dengan Kemenko Kemaritiman Deputi II, Koordinasi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa.

Kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan seminar kemaritiman yang telah berlangsung pada tahun 2016 dan 2017.

"Dua seminar tersebut menelurkan terbentuknya komunitas studi kemaritiman yang berjumlah 40 akademisi dan praktisi dari seluruh Indonesia," kata Ludiro kepada tribunjogja.com saat diwawancarai di lokasi acara.

Baca: 8 Potret Obed Kresna, Presiden BEM UGM dan Pemuda Gunungkidul yang Curi Perhatian di Mata Najwa

Ditambahkannya, komunitas studi kemaritiman tersebut saat telah menghasilkan empat buah buku. Satu buku pada tahun 2016, dan tiga buku dihasilkan pada tahun 2017.

Keempat buku tersebut terbagi menjadi tiga pokok pembahasan yakni industri dan jasa maritim, pariwisata maritim, dan keamanan maritim.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Tribun Jogja, sejak pukul 09.00 WIB tampak para peserta kuliah umum yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan tamu undangan sudah hadir di lokasi acara.

Menurut Ludiro, diperkirakan peserta kuliah umum akan mencapai sekitar 2000 peserta.

Pada kuliah umum ini, UPN Veteran Yogyakarta mewajibkan mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 untuk hadir menjadi peserta kuliah umum. (tribunjogja)

Penulis: Tantowi Alwi
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved