Perpustakaan Punya Peran Krusial Terhadap Kualitas Kehidupan Manusia

Mestinya perpustakaan saat ini berupaya mendukung universitas dengan menyediakan beragam sumber informasi dalam bentuk tercetak dan elektronik.

Perpustakaan Punya Peran Krusial Terhadap Kualitas Kehidupan Manusia
istimewa
Acara ICRL (International Conference on Reshaping Libraries) dengan tema Emerging Global Technologies and Trends di Jaipur, Rajasthan - India, pada 1-3 Februari 2018. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perkembangan teknologi informasi dan digital merubah peran perpustakaan di masa depan.

Dengan meningkatnya media digitalisasi dan konektivitas, penting bagi perpustakaan untuk menumbuhkan ekosistem inovasi dan kreativitas di sekitar penggunanya.

Sehingga pengguna berpikir tentang perpustakaan pun sudah berubah drastis, dari mula tempat penyimpan referensi menjadi tempat memecahkan solusi.

Demikian dikatakan Presiden SLA (Special Library Association) Asian Chapter Dra. Labibah Zain, MLIS setelah menjadi narasumber di acara ICRL (International Conference on Reshaping Libraries) dengan tema Emerging Global Technologies and Trends di Jaipur, Rajasthan - India, pada 1-3 Februari 2018.

Acara tersebut diadakan oleh DELNET-Developing Library Network dan Ambedkar University of Delhi bekerjasama dengan SLA (Special Library Association), Asian Chapter.

Labibah, yang juga Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjelaskan, perpustakaan mempunyai peran yang krusial terhadap perbaikan kualitas akademik dan kualitas kehidupan manusia.

Perpustakaan tidak lagi sebagai tempat terbuka, melainkan akan memberi manfaat apabila bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di unit ini, sehingga pegawainya bisa bertahan dalam kehidupannya.

Perpustakaan di Indonesia, paradigmanya juga harus berubah agar bisa lebih visible atau dilihat peran di lingkungan sekitarnya.

Bagaimana fungsi pustakawan dari pelayanan berubah menjadi aktivis pendidikan.

Mereka membantu setiap proses perbaikan kualitas akademik bagi pengguna dan institusinya.

Halaman
12
Penulis: Tantowi Alwi
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help