Menulusuri Jejak Penambangan Mangaan di Kliripan

Di dalam terowongan masih terdapat jejak penambangan mangaan, seperti potongan jalur rel lori pengangkut hasil tambang menuju permukaan luar gua.

Menulusuri Jejak Penambangan Mangaan di Kliripan
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Warga menunjukkan lokasi mulut terowongan bekas penambangan mangaan di Kliripan yang kini dalam kondisi tertutup material tanah. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Pedukuhan Kliripan, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap menyimpan potensi tersembunyi.

Wilayah tersebut konon dulunya merupakan kawasan besar penambangan mineral mangaan pada masa kolonial Belanda hingga era 70-an.

Wilayah Pedukuhan Kliripan saat ini tampak seperti kawasan pemukiman pada umumnya.

Rumah-rumah terlihat berdiri di antara petak-petak luas pekarangan dalam kontur berbukit yang ditumbuhi aneka pepohonann.

Namun di bawahnya, tersimpan sebuah kekayaan historis maupun sumber daya mineral yakni bekas penambangan mangaan.

Hal ini didasarkan pada keterangan masyarakat sekitar dan berbagai literatur yang menyebutkan aktivitas penambang di daerah tersebut.

Menurut cerita, penambangan mangaan di Kliripan berjalan pasang surut pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dan kemudian berlanjut masa kemerdekaaan sebelum meredup dan hilang pada kurun masa 1972-1976 sebagai periode akhir aktivitas penambangan komersial di kawasan tersebut.

Di daerah itu terdapat pula empat buah goa bekas terowongan tambang yang saling terhubung satu sama lain.

Yakni, tiga buah terowongan horizontal bernama terowongan Sunoto, Holiday, dan ITB serta satu terowongan vertikal berbentuk luweng yang dinamakan terowongan PPTM (Pusat Penelitian Tambang dan Mineral). Penamaan ini mengikuti pihak yang pernah melakukan eksplorasi atau penelitian di tiap goa tersebut.

Selain itu, sejumlah dokumen lawas serta alat-alat pertambangan lawas juga tersimpan di rumah seorang warga setempat, Warto yang juga bekas penambang.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help