TribunJogja/

Jumlah Dapil Pemilu 2019 Kulonprogo Tetap Lima

Jumlah dapil untuk Pemilihan Umum 2019 di Kulonprogo dimungkinkan tidak berubah dengan periode sebelumnya yakni lima dapil.

Jumlah Dapil Pemilu 2019 Kulonprogo Tetap Lima
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Uji publik draf usulan dapil dan alokasi kursi DPRD di Gedung Kaca, Kmis (8/2/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Jumlah daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilihan Umum 2019 di Kulonprogo dimungkinkan tidak berubah dengan periode sebelumnya yakni lima dapil.

Hal ini didasarkan pada hasil uji publik draf usulan dapil dan alokasi kursi legislatif, Kamis (8/2/2018) di Gedung Kaca Kompleks Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo, dalam uji publik tersebut, mayoritas peserta dari perwakilan partai politik, tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan elemen lain yang hadir menginginkan format daerah pemilihan tidak berubah dari Pemilu sebelumnya.

Meskipun, ada juga yang menyetujui usulan format empat atau enam dapil.

"Usulan terbanyak lima dapil karena dianggap memenuhi prinsip pemilihan. Parpol juga telah melakukan pergerakan ke dapil untuk persiapan, termasuk menyongsong Pemilu 2019," kata Isnaini di sela uji publik.

Ia menyebut penyusunan dapil menjadi tahapan krusial dalam penyelenggaraan Pemilu karena nantinya akan menjadi medan pertempuran dari tiap parpol dan calon legislatornya yang akan duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Pihaknya pun sebelumnya sudah melakukan sosialisasi dan workshop untuk menjaring masukan dan selanjutnya dikerucutkan dalam uji publik tersebut.

"Usulan dari hasil uji publik akan kami sampaikan ke KPU DIY untuk kemudian ditetapkan oleh KPU RI," kata Isnaini.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyebut, secara logis dan merujuk nilai keadilan, asas keterwakilan idealnya one man one vote.

Hanya saja, hal itu sulit terakomodasi sehingga kemudian dibuat dapil-dapil.

Selain itu, ada aturan terkait jumlah penduduk di mana tiap kecamatan jumlahnya berbeda-beda.

Sedangkan parpol juga sudah mulai menata kekuatan dukungan di tiap dapil sesuai pemetaan masing-masing.(*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help