UGM Dorong Mahasiswa Ikuti Student Exchange di Tingkat ASEAN

Pada dasarnya program ini adalah bentuk kerjasama perguruan tinggi di Indonesia dengan yang ada di luar negeri.

UGM Dorong Mahasiswa Ikuti Student Exchange di Tingkat ASEAN
net
UGM 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Ristek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bersama perguruan tinggi di Indonesia tengah menyiapkan lulusan yang siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Salah satu programnya adalah dengan program pertukaran mahasiswa atau student exchange dalam lingkup ASEAN.

UGM yang menjadi salah satu perguruan tinggi negeri unggulan di Yogyakarta pun turut andil dalam program ini.

I Made Andi Arsana, kepala kantor urusan internasional UGM mengetakan pihaknya mendorong pertukaran mahasiswa di wilayah ASEAN.

"Persiapan mereka untuk menghadapi MEA adalah dengan mengukuti student exchange. Diharapkan nanti mahasiswa Indonesia sangat paham situasi ASEAN terlebih dahulu, karena dampak langsungnya akan mereka hadapi setelah kuliah," jelasnya, Minggu (4/2/2018).

Baca: PUSTRAL UGM Kawal Riset Aksi Simbol Kendaraan Difabel

Lebih dalam membahas tentang pertukaran mahasiswa ini, Andi menjelaskan pada dasarnya program ini adalah bentuk kerjasama perguruan tinggi di Indonesia dengan yang ada di luar negeri.

Dalam hal ini, UGM mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di luar negeri, sedengkan perguruan tinggi dari luar juga mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di UGM.

Sejauh ini, sudah puluhan perguruan tinggi luar negeri yang mengadakan kontrak kerjasama dengan UGM. Salah satu isi kerjasama tersebut adalah dengan mengadakan student exchange.

"Mahasiswa kami di sana, dia ambil mata kuliah, nanti sekambalinya ke Indonesia diakui di UGM, sebaliknya kalau mahasiswa mereka datang ke UGM, ambil mata kuliah tertentu juga akan diakui nilainya di kampus mereka," ulasnya.

Halaman
123
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help