Borneo FC Menang Tipis 2-1 atas UNY FC pada Laga Uji Coba

Anak asuh Iwan Setiawan, Borneo FC hanya mampu unggul tipis 2-1 dari FC UNY.

Borneo FC Menang Tipis 2-1 atas UNY FC pada Laga Uji Coba
Tribun Jogja/ Hanif Suryo
Pemain Borneo FC, Edy Gunawan berebut bola dengan pemain FC UNY pada laga ujicoba di Lapangan Jogja Independent School, Sleman, Selasa (30/1/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM - Borneo FC menutup rangkaian Training Center (TC) di Yogyakarta dengan menjajal kekuatan FC UNY di Lapangan Jogja Independent School, Sleman (30/1/2018).

Meski menurunkan skuat terbaiknya seperti Srdjan Lopicic, Diego Michiels, dan juga penyerang anyar Marlon Da Silva, namun anak asuh Iwan Setiawan ini hanya mampu unggul tipis 2-1 dari FC UNY.

Borneo unggul cepat melalui gol yang dicetak Aulia Hidayat pada menit ke-3.

Penyerang Timnas Indonesia, Lerby Eliardy kemudian menggandakan keunggulan Borneo melalui sepakan kerasnya pada menit ke-27, sebelum akhirnya Fanberto Sihombing mampu memperkecil kedudukan jelang akhir pertandingan.

Pelatih FC UNY, Kahudi Wahyu mengatakan pada pertandingan uji coba kali ini ia menekankan timnya untuk mencoba bermain bertahan, dan ternyata instruksinya cukup efektif untuk dapat meredam serangan Borneo FC.

"Kalau kemarin mereka kuat di attacking, tapi kebetulan saya defend minded jadi saya coba buat seimbang antara menyerang dengan bertahan. Ternyata mereka bisa main compact defend. Oke lah setidaknya dapat membuat mereka (Borneo FC-red) kesulitan," ujar mantan pemain belakang Persiba Bantul ini.

Namun Kahudi tak lupa memberikan pujian khusus bagi pertahanan Borneo yang diakuinya bermain cukup rapat pada pertandingan ujicoba ini.

"Mereka kan baru conditioning, jadi belum banyak ke taktikal. Bang Iwan bilang mereka baru develop masalah defend, tapi saya yakin tim di Indonesia yang memiliki pertahanan rapat baru Borneo, mereka teratur," kata Kahudi.

Sementara itu, meski hanya mampu menang tipis dari tim yang levelnya jauh dibawah Borneo FC, Pelatih Iwan Setiawan justru merasa hasil ini merupakan modal yang bagus untuk tim nya pada tahap latihan awal pemusatan latihan di Yogyakarta.

"Kita melihat satu perubahan yang cukup baik kita rasakan karena pada saat misalnya kita pada saat fase peningkatan kondisi fisik, kalau tim kita bermain bagus di dalam ujicoba itu kita harus prihatin," ujar Iwan ditemui seusai pertandingan ujicoba.

Menurutnya, latihan fisik yang ditekankan selama menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta membuat Srdjan Lopicic dkk tampak mengalami kelelahan, sehingga dari segi permainan dan juga organisasi tim belum cukup baik.

"Kita belum terlalu bagus dalam organisasi, itu tahapan selanjutnya yang kita benahi nanti sekembalinya kita ke Samarinda. Tapi cukup memuaskan kami selama di Jogja," kata eks Pelatih Persebaya Surabaya ini.

Iwan menambahkan, selama menjalani pemusatan latihan sekira satu bulan penuh di Kota Gudeg, tim pelatih cukup puas dengan peningkatan kondisi fisik, dan yang menjadi pekerjaannya kedepan ialah mematangkan kesiapan tim dari segi taktikal.

"Yang jelas selama di Yogya, peningkatan kondisi fisik dari segi taktikal masih kasar," pungkas Iwan. (*)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help