Home »

DIY

Saber Pungli Polda DIY Buru Tersangka Lain

Polda DIY berupaya mengembangkan aksi pungli yang dilakukan Iwan Ariwanto (40) guna mengetahui ada tidaknya indikasi tersangka lain yang turut serta.

Saber Pungli Polda DIY Buru Tersangka Lain
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Petugas kepolisian menunjukkan barang bukti dan tersangka pungli saat jumpa pers di Mapolda DI Yogyakarta, Selasa (23/1/2018). Petugas berhasil mengamankan tersangka berinisial IA yang berkerja di kantor Dinas Lingkungan HIdup Kota Yogyakarta beserta uang setelah melakukan transaksi dengan korban yang sedang melakukan pengurusan perijinan. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kasus tertangkapnya seorang staf atau tenaga bantu (Naban) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta dalam pungutan liar (pungli) atau pemerasan oleh Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polda DIY, pada 18 Januari lalu masih dalam pengembangan.

Selain itu, Tim Satgas Saber Pungli Polda DIY mengajak masyarakat ikut memberantas pungutan liar (Pungli).

Hal itu dapat dilakukan dengan tak sungkan-sungkan melaporkan kepada pihaknya jika menjadi korban atau mengetahui adanya tindakan pungli di masyarakat.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda DIY, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Gatot Budi Utomo mengatakan, pengembangan tersebut guna mengetahui ada tidaknya indikasi tersangka lain yang turut serta dalam aksi pungli yang dilakukan Iwan Ariwanto (40), warga Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta kepada Direktur Netcity.

"Sementara (kasus pungli naban DLH, Red) masih dalam pengembangan. Akan kita kembangkan untuk mengetahui ada pihak lain tidak yang terlibat," katanya, Rabu (24/1/2018).

Sementara itu, Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda DIY sekaligus Ketua Tim Satgas Saber Pungli Polda DIU Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), Budi Yuwono mengatakan, pihaknya terus berupaya memberantas pungli yang beredar di masyarakat dewasa ini.

Ia menambahkan, pemberantasan pungli dapat terwujud dengan peran serta masyarakat.

Untuk itu ia meminta warga bersedia melaporkan kepada Tim Saber Pungli apabila menjadi korban maupun mengetahui tindak pungli yang terjadi di masyarakat.

“Saat ini, masyarakat luas dapat langsung melaporkan hal tersebut ke Unit Pemberantasan Pungli (UPP) pusat maupun melalui UPP di daerah,” pesannya. (*)

Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help