Banyak Trotoar di Yogya yang Disulap Jadi Lahan Parkir Kendaraan

Dari mulai dibangun halte Trans Jogja, tempat tenda pedagang kaki lima (PKL), hingga lahan parkir kendaraan.

Banyak Trotoar di Yogya yang Disulap Jadi Lahan Parkir Kendaraan
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Trotoar di jalan Mayjen Sutoyo dan Brigjen Katamso Yogyakarta banyak yang beralih fungsi untuk parkir kendaraan 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Memang bukan pemandangan baru, di setiap jengkal trotoar di kota Yogyakarta berubah fungsi tidak sesuai peruntukannya.

Dari mulai dibangun halte Trans Jogja, tempat tenda pedagang kaki lima (PKL), hingga lahan parkir kendaraan.

Sepanjang kaki melangkah, di trotoar jalan Brigjend Katamso tampak hanya sedikit sisa trotoar yang berfungsi normal sebagaimana peruntukan hak pejalan kaki.

Selebihnya, banyak warung makan yang menyerobot menjadikan trotoar sebagai lahan parkir kendaraan, bahkan ada yang menjadikan trotoar menjadi lapak pedagang dengan cara di keramik secara permanen.

Begitu juga halnya dengan yang ada di jalan Mayjen Sutoyo, alih fungsi trotoar tak jauh berbeda dari jalan Brigjen Katamso.

Sepanjang kaki menyusuri jalan ini, hanya tersisa sedikit, sekira sepanjang 300 meter dari trotoar yang masih berfungsi utuh digunakan untuk berjalan kaki.

Pantauan di lokasi, jalan lainnya banyak yang beralih fungsi, tampak ada tiga pedagang kaki lima yang menggelar lapaknya memenuhi jalan trotoar, hingga banyak juga yang menjadikan tempat parkir kendaraan.

Pejalan kaki yang kebetulan melintas, Rendi Prasetyo, mengatakan, dirinya sangat menyesalkan kondisi trotoar pada jalan yang dilaluinya beralih fungsi menjadi lahan parkir kendaraan.

Menurutnya, ia terpaksa harus berulang kali berjalan menghindari kendaraan yang terparkir di lahan trotoar dengan cara turun ke aspal.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved