Kepala Desa Caturharjo Beri Komentar tentang Mobil Adminduk Disdukcapil Sleman

Mobil Adminduk ini merupakan hasil pengadaan tahun 2017 dan diserahkan pada awal Januari tahun 2018.

Kepala Desa Caturharjo Beri Komentar tentang Mobil Adminduk Disdukcapil Sleman
tribunjogja/tantowi alwi
Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman tampak berada di halaman Balai Desa Caturharjo, Sleman pada Kamis (18/1/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tantowi Alwi

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman tampak berada di halaman Balai Desa Caturharjo, Sleman pada Kamis (18/1/2018).

Mobil Adminduk ini merupakan hasil pengadaan tahun 2017 dan diserahkan pada awal Januari tahun 2018.

Kepala Desa Caturharjo, Moh Rifangi mengatakan meski mobil belum beroperasi dikarenakan fasilitasnya belum lengkap, ia merasa bersyukur dengan adanya mobil Adminduk tersebut.

Menurutnya, hal ini merupakan sebuah upaya Disdukcapil untuk menunjang pelayanan kependudukan di Kabupaten Sleman.

"Hal ini sangat membantu karena banyak masyarakat yang masih bingung mengurus di Disdukcapil. Selain itu jarak jadi lebih dekat dan juga hemat biaya," tuturnya.

Ditambahkannya, dalam sistem seperti ini jikalau masyarakat bingung ketika mengurus akta kelahiran dan kematian, aparat pemerintah desa bisa langsung membantu dengan cepat.

"Pelayanan jemput bola seperti ini ada tiga kali dalam setahun," ujarnya.

Rifangi menjelaskan, saat ini banyak warganya mengurus akta kematian, terlihat dari data sampai pukul 10.30 WIB, terdapat 34 orang yang mengurus akta kematian dan 8 orang mengurus akta kelahiran.

Hal tersebut lantaran adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk sertifikat tanah, sehingga masyarakat berbondong-bondong mengurus akta kematian.

"Sosialisasi pelayanan ini juga masif, informasi untuk hari ini saja sudah diumumkan pada awal Januari lalu," tuturnya. (*)

Penulis: Tantowi Alwi
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved