Home »

DIY

Masyarakat Diharapkan Tidak Sungkan Lapor Jika Mengetahui Tindakan Maladministrasi

Ajakan tersebut dilakuakan seiring maraknya tindakan maladministrasi yang ditemukan di wilayah terpencil.

Masyarakat Diharapkan Tidak Sungkan Lapor Jika Mengetahui Tindakan Maladministrasi
Tribun Jogja/Pradito Rida P
Budi Matshuri, Kepala Ombudsman Perwakilan DIY 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pradito Rida Pertana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan DIY mengajak masyarakat untuk tidak sungkan melaporkan jika ada tindak maladministrasi di sekitar lingkungannya.

Ajakan tersebut dilakuakan seiring maraknya tindakan maladministrasi yang ditemukan di wilayah terpencil.

"Sejauh ini, peran masyarakat dalam monitoring dan mengawasi layanan publik di DIY masih sangat minim. Padahal dalam banyak kasus maladministrasi juga terjadi pada unit-unit layanan yang terkecil dan terjauh di desa-desa yang membuat kami belum tentu dapat menjangkaunya secara cepat," kata Kepala ORI perwakilan DIY, Budhi Masthuri, Minggu (14/1/2018).

Baca: ORI DIY akan Lakukan Investigasi Terkait Masalah Layanan Kesehatan di Bantul

"Karena itu, jika masyarakat menemukan tindak maladministrasi agar melaporkan ke kami, supaya kami dapat menjangkaunya dengan cepat di daerah-daerah terpencil, khususnya di DIY," imbuhnya.

Sambungnya, bahwa dalam rangka penguatan masyarakat terkait peran sertanya memerangi tindakan maladministrasi.

Pihaknya telah mengembangkan sebuah mekanisme pengawasan pelayanan publik yang berbasis pada pemberdayaan warga sejak tahun 2014.

"Di tahun 2017, kami tetap melanjutkan program-program pemberdayaan warga melalui mekanisme pengawasan pelayanan publik. Dengan itu, kami ingin melibatkan partisipasi warga dengan cara mendorong pembentukan berbagai komunitas untuk mencegah maladministrasi," urainya.

Budhi menambahkan, untuk di daerag DIY sendiri, pihaknya telah membentuk komunitas pelajar sahabat ORI.

Sedangkan di tahun 2017 sendiri, pihaknya berlanjut dengan terbentuknya perempuan sahabat Ombudsman se-DIY.

Adapun untuk sahabat Ombudsman se-DIY diwadahi dalam Komunitas Perempuan Peduli Pelayanan Publik (KP4) yang terdiri dari para perempuan penggiat sosial kemasyarakatan dari berbagai Kota dan Kabupaten.

Dengan terbentuknya pemberdayaan tersebut, pihaknya berharap bahwa kedepannya akan lebih banyak lagi komunitas yang terbentuk, dan masyarakat akan semakin sadar bahwa peran sertanya dalam pengawasan terhadap layanan publik berdampak pada terwujudnya pelayanan publik yang bersih dan jujur.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rid
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help