TribunJogja/

Cukai Rokok Naik, Pedagang Rokok Khawatirkan Penjualan Menurun

Beberapa pedagang mengaku sedikit khawatir dengan kebijakan yang baru ditetapkan tahun ini tersebut.

Cukai Rokok Naik, Pedagang Rokok Khawatirkan Penjualan Menurun
tribunjogja/rizki halim
Pedagang Rokok 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rizki Halim

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kenaikan cukai rokok yang telah ditetapkan pemerintah sejak 1 Januari lalu membuat harga rokok juga akan mengikuti mengalaimi kenaikan, naiknya harga menjadi kekhawatiran tersendiri bagi beberapa penjual di tingkat retail seperti warung.

Beberapa pedagang mengaku sedikit khawatir dengan kebijakan yang baru ditetapkan tahun ini tersebut, bagi mereka sedikit banyak kenaikan harga ini akan berpengaruh dengan penjualanya.

Salah satu pedagang rokok yang mengkhawatirkan hal tersebut adalah Parman, pemilik warung ini mengaku khawatir dengan dampak kenaikan cukai rokok.

"Memang beberapa tahun ini sudah sering naik harga rokok, tapi tergantung seberapa besar naiknya, kalau naik cukup tinggi biasanya sangat berpengaruh sama pembeli," ujar Parman.

Tidak hanya Parman yang mengalami kekhawatiran tersebut, Yusuf, pedagang lainya yang juga mendapatkan penghasilan dari berjualan rokok juga mengkhawatirkan pengaruh kenaikan harga rokok terhadap pendapatanya.

"Walaupun nggak banyak pengaruhnya, tapi memang biasanya para pembeli jadi beralih, kadang mereka jadi ganti ke merek yang lebih murah, kan biasanya kalau ada rokok merek baru harganya murah, nah mereka beralih beli itu," tutur Yusuf.

Memang dengan naiknya harga rokok, beberapa perokok lebih memilih mengganti merek rokok yang dikonsumsinya ketimbang harus berhenti.

Namun demikian hingga saat ini harga rokok di beberapa warung atau toko masih menerapkan dengan harga yang lama.

"Sekarang masih harga yang lama, soalnya ini ngambil tahun lalu, mungkin setelah ini baru naik harganya dari distributor," ungkap Yusuf. (*)

Penulis: Rizki Halim
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help