TribunJogja/

Lolos ke Piala Dunia 2018, Ternyata Ini Kunci Sukses Islandia

Pembinaan usia muda dan program jangka panjang yang oke membawa pengaruh positif bagi persepakbolaan Islandia.

Lolos ke Piala Dunia 2018, Ternyata Ini Kunci Sukses Islandia
TRIBUNJOGJA.COM / R Hanif Suryo
Hallgrímsson saat sesi jumpa pers seusai pertandingan melawan Indonesia Selection, Kamis (11/1/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Dibalik rentetan keberhasilan Islandia menembus perempat final Piala Eropa 2016 lalu dan juga bertengger sebagai pemuncak Grup I kualifikasi Piala Dunia 2018 yang mengantarkan anak asuh Hallgrímsson akan tampil perdana di Rusia 2018 nanti, ternyata tak diraih secara instan.

Hal tersebut diungkapkan Hallgrímsson yang membeberkan resep kesuksesan Islandia yang mempu melejit di persaingan sepakbola Eropa dan dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Ia menyebut pembinaan usia muda dan program jangka panjang yang oke membawa pengaruh positif bagi persepakbolaan Islandia.

“Seperti yang sempat saya katakan sebelumnya bahwa pembinaan sepakbola di negara kami sangat berbeda. Kami membina para pemain dari mereka kecil dan memiliki banyak pelatih berlisensi UEFA," ujar Hallgrímsson saat sesi jumpa pers seusai pertandingan melawan Indonesia Selection, Kamis (11/1/2018).

Baca: Tak Hanya Indonesia Selection, Ternyata 6 Negara Ini Juga Tak Bisa Cetak Gol ke Gawang Islandia

Hallgrímsson menambahkan, kunci sukses pembinaan pemain sejak usia dini juga tak lepas dari tersedianya infrastruktur dan juga fasilitas yang baik untuk menjalankan program pembinaan jangka panjang ini.

Hasil pembinaan yang telah dimulai sedekade lalu, dikatakannya saat ini telah menunjukkan kemajuan yang bagus.

“Pemain muda yang kebanyakan saya bawa ke Indonesia, mereka baru memulai karier profesional di klub masing-masing. Kebanyakan dari mereka kini tengah merintis karier beberapa negara Skandinavia, Inggris, juga ada yang di Belgia,” buka Hallgrimsson dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Baca: Ditanya Soal Pemain Terbaik Indonesia Selection, Begini Jawaban Pelatih Islandia

“Kami sadar bahwa perjalanan mereka masih panjang dan kami ingin membuat mereka terus melangkah maju, dengan membawa mereka ke pertandingan semacam ini. Namun, Sulit untuk memilih siapa pemain yang tampil sebagai yang terbaik di pertandingan dengan kondisi hujan lebat seperti ini. Namun menurut saya pergantian pemain di babak kedua jadi kuncinya. Kinerja mereka sudah bagus dan saya harap pengalaman ini berharga," pungkas Hallgrímsson.

Perlu diketahui, Islandia tidak mempunyai tim profesional seperti negara-negara Eropa lainnya.

Bahkan jika berbicara soal klub sepak bola profesional, Islandia kalah dengan Indonesia atau negara-negara di Asia Tenggara dan Asia lainnya.

Namun kini, prestasi sepak bola Islandia semakin jauh dengan Indonesia yang saat ini juga tengah membangun sepak bolanya.

Meski demikian, toh ternyata kombinasi pembinaan pemain, melahirkan pelatih berpendidikan, dan infrastruktur yang memadai membuat sepak bola Islandia bisa berbicara di tingkat dunia.

Bayangkan jika kompetisi profesional Islandia bisa berjalan, maka mungkin tak berlebihan tampaknya jika mengatakan Islandia bisa lebih berprestasi.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help