TribunJogja/

Agenda Jogja Hari Ini

Even Malari : Nasgor Rasa Politik Berhadiah Uang Receh Rp5 juta

Sebanyak 50 orang seniman budayawan termasuk para komedian kondang Yogyakarta akan ikut memeriahkan event Malari

Even Malari : Nasgor Rasa Politik Berhadiah Uang Receh Rp5 juta
ist

TRIBUNJOGJA.COM - Event Jenaka bertajuk 'MALARI : Lomba Masak Lima Belas Januari' Seniman & Budayawan Yogyakarta diprediksi akan berlangsung meriah dan penuh canda.

Pasalnya, sebanyak 50 orang seniman budayawan termasuk para komedian kondang Yogyakarta akan ikut memeriahkan event Malari dengan menu lomba nasi goreng.

Even ini rencana akan digelar pada Senin (15/1/2018) pukul 15.00 - 17.00 di XT Lane, spot baru kuliner outdoor XT Square.

Berdasarkan rilis yang diterima Tribunjogja.com dari ketua panitia, Widihasto Wasana Putra, mengatakan panitia melalui dewan juri akan memilih 10 pemenang lomba masak nasi goreng.

Menariknya, kesepuluh pemenang akan menyandang nama-nama nasi goreng dengan rasa politik seperti Nasgor Lengser Keprabon, Nasgor Aman Terkendali, Nasgor Isih Penak Zamanku Tho, Nasgor Subversif, Nasgor Salah Prosedur, Nasgor Kambing Hitam, Nasgor Nepotisme dan lain sebagainya.

"Pemilihan nama-nama nasi goreng rasa politik ini sebagai upaya mengajak masyarakat merefleksikan situasi politik secara jenaka. Sekaligus pula memberikan permenungan bahwa kebebasan politik dan demokrasi yang ada pada saat ini diperoleh melaui proses perjuangan panjang bahkan melalui horor represi politik Orde Baru. Ini jadi semacam pembelajaran pembangunan bangsa, bahwa semestinya meletakkan kebudayaan sebagai panglima," terang Widihasto, Jumat (12/01/2018).

Selain itu, dijelaskan Widihasto, hal menarik lain dari lomba yang memperebutkan hadiah total sebesar Rp5 juta ini adalah kesepuluh pemenang, masing-masing berhak membawa pulang uang tunai sebesar Rp500 ribu dalam bentuk uang receh.

Terdiri atas uang receh Rp1000 dan Rp500.

Pemilihan uang receh sebagai bentuk pesan moral gotong royong dan kebersamaan, yakni bahwasannya sesuatu hal yang kecil atau sedikit jumlahnya jika dipersatukan akan menjadi besar dan berguna.

Hingga hari ketiga semenjak informasi lomba ini disiarkan tercatat ada 50 peserta seniman budayawan yang mendaftar.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help