TribunJogja/
Home »

DIY

» Sleman

Bantuan Pangan Non Tunai di Sleman Mulai Disosialisasikan

BPN dan Bansos Rastra pada tahun 2018 ini menggantikan program bantuan pangan berupa subsidi Beras untuk Rakyat Sejahtera (Rastra) pada 2017.

Bantuan Pangan Non Tunai di Sleman Mulai Disosialisasikan
TRIBUNJOGJA.COM / Arfiansyah Panji
Suasana sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai di Aula Lantai 3 Kantor Setda Kabupaten Sleman, Jumat (12/1/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Arfiansyah Panji Purnandaru

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kementerian Sosial (Kemensos) RI pada tahun 2018 ini akan menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ke 217 kabupaten/kota di Indonesia dengan total 10 juta jiwa penerima, termasuk Kabupaten Sleman.

Selain itu ada pula Bantuan Sosial Beras Untuk Rakyat Sejahtera (Bansos Rastra).

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Republik Indonesia Andi ZA Dulung saat menyosialisasikan Bantuan Pangan Non Tunai di Aula Lantai 3 Kantor Setda Kabupaten Sleman, Jumat (12/1/2018).

Andi menjelaskan, BPN dan Bansos Rastra pada tahun 2018 ini menggantikan program bantuan pangan berupa subsidi Beras untuk Rakyat Sejahtera (Rastra) pada 2017.

Lanjutnya, perbedaan program Rastra dengan Bansos Rastra dan BPNT yaitu jika Program Rastra Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan 15kg beras dengan biaya tebus sebesar Rp24 ribu maka untuk Bansos Rastra masyarakat mendapatkan 10kg tanpa biaya tebus.

"Sedangkan untuk BPNT, masyarakat mendapatkan bantuan non tunai Rp110 ribu/bulan untuk membeli bantuan pangan di pedagang bahan pangan yaitu E-Warung yang bekerjasama dengan bank penyalur," terangnya.

Adapun komoditas yang bisa dibeli adalah beras dan telur.

KPM dapat memilih jumlah, harga, kualitas, kapan dan di E-Warung mana dalam melakukan pembelian.

Bantuan tersebut akan ditransfer ke rekening penerima setiap tanggal 25.

Halaman
12
Penulis: app
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help