Lowongan CPNS 2018, Pemprov Jateng Ajukan Formasi 1.800 CPNS

Secara nasional tahun ini akan ada 225 ribu ASN yang akan pensiun akan tetapi yang akan direkrut melalui seleksi CPNS 2018 hanya 110 ribu saja.

Lowongan CPNS 2018, Pemprov Jateng Ajukan Formasi 1.800 CPNS
www.menpan.go.id
Informasi Rekrutmen CPNS Pemerintah Daerah 2018 

TRIBUNJOGJA.COM, SEMARANG - Tahun 2018 ini, terdapat sekitar 4.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) yang akan pensiun.

Maka, Pemprov Jateng sedang mengajukan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB).

Akan tetapi menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jateng, Arief Irwanto, dari jumlah sekitar 4.000 ASN yang akan pensiun, pemerintah pusat hanya menyetujui supaya Pemprov Jateng hanya mengajukan formasi sekitar 1.800 orang saja.

"Itupun, saya juga nggak yakin bisa dikasih semua," ujar Arief, Kamis (11/1/2018).

Ia mengungkapkan, secara nasional tahun ini akan ada 225 ribu ASN yang akan pensiun akan tetapi yang akan direkrut melalui seleksi CPNS 2018 hanya 110 ribu saja.

Sejumlah itu, masih dibagi di sektor kementerian, dan 34 provinsi di Indonesia.

Di sisi lain, pemerintah pusat memiliki prioritas penempatan ASN di daerah terpencil, perbatasan, dan daerah kantong kemiskinan, serta belanja pegawainya di APBD nya tidak lebih dari 50 persen.

Untuk provinsi, prioritasnya adalah untuk provinsi baru dan di perbatasan semisal Kalimantan Utara, Papua, NTT, dan Kalimantan Barat. KemenpanRB menjanjikan tetap akan memberikan ruang bagi semua daerah sesuai formasi yang diajukan, tapi akan diperhitungkan sesuai APBN.

Sementara untuk belanja pegawai, di Pemprov Jateng belanja pegawainya masih jauh di bawah 50 persen. Namun sebagian besar kabupaten/kota di Jateng, belanja pegawainya masih lebih dari 50 persen.

"Maka hanya sebagian kecil kabupaten dan kota yang dapat kuota. Tapi di Pemprov Jateng mungkin diberikan ruang oleh Kemenpan, saya melihatnya Insya Allah bisa dikabulkan," katanya.

Halaman
12
Editor: oda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help