Belum Sempat Menjual Mobil Curiannya, Dua Pemuda ini Diciduk Polisi

Polisi tengah melakukan pengejaran terhadap Nasrul yang merupakan rekan Rinto dalam melakukan pencurian mobil pikap.

Belum Sempat Menjual Mobil Curiannya, Dua Pemuda ini Diciduk Polisi
TRIBUNJOGJA.COM /Pradito Rida
Kapolsek Depok Timur, Kompol Novita Eka Sari saat mengintrograsi pelaku, nampak Suranto (bertattoo) dan Rinto (kiri) sedang menjawab pertanyaan yang diajukan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pradito Rida Pertana

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Komplotan pencuri spesialis mobil pikap berhasil dibekuk satuan reserse kriminal Kepolisian Sektor (Polsek) Depok Timur akhir bulan lalu.

Kedua orang yang memiliki peran berbeda dalam aksi pencurian tersebut diamankan di beda tempat, namun di hari yang sama.

Kapolsek Depok Timur, Kompol Novita Eka Sari mengatakan, bahwa pencurian tersebut diawali saat Rinto Ariyadi (46), warga Kendal, Jawa Tengah bersama Nasrul yang juga warga Jawa Tengah mendapat pesanan sebuah mobil pikap L300 dari seorang penadah.

Karena membutuhkan uang, keduanya lantas berkeliling di sekitar daerah Maguwoharjo.

Lanjutnya, sesampainya di depan sebuah rumah, keduanya melihat sebuah mobil pikap L300 dengan nomor polisi AB 8355 NH terparkir di luar rumah.

Setelah memastikan lokasi aman dan mendukung untuk melakukan aksinya, Rinto langsung mencongkel pintu mobil bagian kanan dan berusaha menghidupkan mesin mobil tersebut untuk selanjutnya dibawa kabur.

Menurut pengakuan pemetik, waktu yang dibutuhkan untuk menggasak mobil tersebut kurang lebih 30 menit.

"Karena dapat pesanan, kedua pelaku itu berkeliling pakai motor untuk mencuri mobil sesuai pesanan. Sampai di depan sebuah rumah di Maguwoharjo mereka berhenti dan mencuri mobil pikap, pemetiknya Rinto dan satunya mengamati situasi," katanya, Kamis (11/1/2018).

"Modusnya itu dengan mencongkel pintu mobil pikap dengan obeng, setelah pitu terbuka, si pemetik memotong kabel kontak mobil dan mengkaitkan soket untuk menghidupkan mesin. Setelah berhasil mobil dibawa kabur dan diserahkan ke penadah" ujarnya.

Halaman
12
Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved