Terrarium sebagai Alternatif Dekorasi Meja

Terrarium kini menjadi sebuah dekorasi yang dapat membuat meja kerja atau dalam rumah menjadi lebih hijau dan segar saat dipandang.

Terrarium sebagai Alternatif Dekorasi Meja
tribunjogja/wahyu setiawan nugroho
Terrarium karya seorang peserta workshop terrarrium di klebengan Yogyakarta rabu (10/1/2018) 

Laporan Reporter Tribunjogja.com Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM SLEMAN - Terrarium sebenarnya adala seni menanam menggunakan media transparan bisa terbuat dari kaca atau bahan lainnya.

Berisi berbagai macam tanaman mulai dari lumut dan material lainnya. Sehingga membentuk sebuah hiasan yang menggambarkan ekologi tanaman yang hijau dan segar.

"Sebenarnya awal mula terrarium adalah sebagai penelitian hingga akhirnya sekarang menjadi sebuah dekorasi," papar Indra Winata, penggiat terrarium dari @tamankecil Yogyakarta.

Media yang dipilih biasanya berupa kaca transparan yang dihias dengan berbagai material mulai dari batu kecil, tanah humus, lumut hingga tanaman kaktus dan suculent menjadi penghias media tersebut.

Terrarium kini menjadi sebuah dekorasi yang dapat membuat meja kerja atau dalam rumah menjadi lebih hijau dan segar saat dipandang.

Meski belum ada komunitas yang mewadahi namun minat dari Terrarium rupanya cukup banyak, selain menjadi sebuah hiasan yang unik, terrarium juga dapat menjadi ladang rupiah.

Terrarium bisa dijual hingga ratusan ribu rupiah untuk satu buah karya terrarium saja tergantung kerumitan dari terrarium tersebut.

Cara perawatannya pun cukup mudah, tinggal menyimpannya di tempat yang tidak terkena matahari langsung dan tidak berlebihan kadar airnya.

"Ada banyak sebenarnya jenis terrarium namun mudahnya ada dua jenis terrarium yaitu terrarium basah dan terrarium kering, yang membedakan adalah tanaman yang ada di dalamnya, kalau kering itu biasanya berisi tanaman kaktus dan yang basah biasanya berisi tanaman lembab seperti lumut," katanya kepada tribunjogja.com rabu (10/1/2018). (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help